Disdikbud Lampung Barat Targetkan Tahun Ini Kebutuhan Air Bersih SDN 1 Bedudu Terpenuhi

Disdikbud Lampung Barat Targetkan Tahun Ini Kebutuhan Air Bersih SDN 1 Bedudu Terpenuhi

Tim Sarpras Disdikbud Lambar bersama konsultan disambut hangat saat berkunjung di SDN1 Bedudu Kecamatan Belalau dengan agenda proyeksi estimasi pembuatan sumur bor kebutuhan air bersih.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah sebelumnya melakukan pengecekan biasa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) di pimpin Kasi Sarpras Adi Susanto, ST, MT. kembali menyambangi SD Negeri 1 Bedudu, di Pemangku Way Semangka, Kecamatan Belalau, Selasa 23 Juli 2024.

Dalam kunjungan tersebut Tim Sarpras bersama pihak Konsultan, Tarsim, melakukan proyeksi estimasi biaya, pembangunan jaringan air bersih untuk kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Upaya cepat itu sebagai respon positif Disdikbud Lambar, mengingat selama ini kendala yang terjadi tidak adanya sumber air lantaran lokasi sekolah berada di ketinggian serta belum adanya jaringan PDAM.

Kepada pihak sekolah, komite dan aparat pekon yang hadir dalam kunjungan tersebut, Adi susanto mendampingi Kadisdik Lambar Bulki Basri, S.Pd, MM. menyampaikan terimakasih terkait informasi yang berhasil di serap Disdikbud Lambar atas keluhan yang terjadi. 

BACA JUGA:Nukman Apresiasi Gerak Cepat Pelaksanaan PIN Polio di Lampung Barat

Pihaknya, menerangkan dengan banyaknya satuan pendidikan mulai dari tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Lambar tentu tidak semua keluhan dan kendala di sekolahan diketahui oleh Disdikbud. 

Karena itu dengan adanya informasi seperti dari masyarakat, aparatur lain yang sifatnya memberikan koreksi juga menjadi wadah disdikbud terhadap kendala dan keluhan yang terjadi. 

"Kami ucapkan terimakasih atas informasi yang masuk dan disampaikan dengan kapasitas koreksi membangun. Karena dengan banyaknya sekolah tentu tidak semua kami ketahui secara mendetail apa yang menjadi keluhan, karena itu komponen masyarakat, dan awak media  juga telah memberikan dukungan dengan menyampaikan informasi apa yang menjadi kendala," tegasnya.

Pada kunjungan itu Adi susanto menyampaikan jika pihak dinas melibatkan konsultan untuk mencarikan solusi dan opsi pengadaan air bersih di SDN 1 Bedudu

BACA JUGA:Cegah Pungli di Jalinsum, Polres Lampung Utara Pasang Tiga Banner Himbauan

Dimana dari hasil peninjauan dari beberapa opsi yang diambil, solusi dalam pengadaan air bersih adalah dengan pembuatan sumur bor dengan estimasi kedalaman antara 60 sampai 80 meter. 

"Hasil pengecekan yang kami dapatkan, tentunya menjadi dasar Didikbud dalam mengupayakan realisasi pembuatan sumur bor. Sebab jika dilihat dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sumur bor pada Disdikbud belum ada menu," ungkapnya 

Namun demikian menjadi tanggung jawab Disdikbud untuk bagaimana mendapatkan alokasi anggaran pembuatan sumur bor, apalah melalui usulan dana hibah Pemkab Lambar, atau melalui usulan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024 atau APBD Murni.

"Kami melakukan pengecekan dengan menghadirkan konsultan untuk memproyeksikan estimasi kebutuhan anggaran sebagai dasar usulan badan anggaran," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: