Operasi Patuh Digelar, Polisi Kedepankan Preemtif, Preventif dan penegakan Hukum Menggunakan ETLE

Operasi Patuh Digelar, Polisi Kedepankan Preemtif, Preventif dan penegakan Hukum Menggunakan ETLE

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat, menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Krakatau 2024 di Mako Polres setempat, Senin 15 Juli 2024.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, S.H., S.I.K., dihadiri Penjabat (Pj) Bupati yang diwakili Asisten III Drs. Ismet Inoni, Dandim 0422/Lampung Barat Letkol Inf. Rinto Wijaya, serta perwakilan Forkopimda.

Dalam amanat Kapolda Lampung yang dibacakan oleh Kapolres Lampung Barat, bahwa operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban berlalu lintas serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman, dan selamat.

Dikatakannya, data Januari hingga Juni 2024 menunjukkan 867 kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda Lampung dengan 321 korban meninggal dunia, 521 luka berat, dan 835 luka ringan.

BACA JUGA:Digelar 14 Hari, Ini Sasaran Operasi Patuh Krakatau Polda Lampung, Siapkan Surat Kendaraan Anda!

Tercatat juga 10.449 pelanggaran lalu lintas yang didominasi kendaraan roda dua.

"Operasi Patuh Krakatau 2024 akan berlangsung selama 14 hari, dari 15 hingga 28 Juli 2024, melibatkan 684 personel dari Polda dan Polres jajaran. Pelaksanaannya akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum menggunakan ETLE," ungkapnya.

Ryky Widya Muharam menambahkan beberapa penekanan penting dalam amanatnya, antara lain mengingatkan  kepada seluruh personel untuk meniatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa menjaga kesehatan.

"Kemudian, persiapkan dan rencanakan setiap kegiatan dengan teliti, terukur, dan penuh tanggung jawab. Lakukan pengawasan, pengendalian, dan evaluasi untuk menghindari komplain dari masyarakat," lanjutnya.

BACA JUGA:Korem 043/Gatam Letakkan Batu Pertama Pembenahan Renovasi Camp Latihan

Selanjutnya, laksanakan dan publikasikan kegiatan positif selama operasi. Hindari tutur kata atau tindakan yang dapat merusak citra Polri di masyarakat.

"Terakhir, tingkatkan kewaspadaan dalam setiap pelaksanaan tugas melalui penerapan buddy system," tambahnya.

Kapolres menutup amanatnya dengan mengajak seluruh personel untuk melaksanakan Operasi Patuh Krakatau 2024 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas' sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: