Dua Anggota PPI Lambar Mengikuti Tradisi PKT Nasional Tahunan di Tubaba

Dua Anggota PPI Lambar Mengikuti Tradisi PKT Nasional Tahunan di Tubaba

Kegiatan Pulang ke Kampung Tradisi komunitas Perempuan Penyair Indonesia yang dilaksanakan di Tulang Bawang Bawar--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komunitas Perempuan Penyair Indonesia (PPI) Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan Pulang Kampung Tradisi (PKT) yang diselenggarakan oleh PPI Nasional dan Kabupaten Tulang Bawang Barat, tema 'Nyulam Kata di Tanah Lada' pelaksanaan 5-7 Juli 2024. 

Diah Febriani dan Titin Ulpianti sebagai peserta PPI Lambar yang dihubungi via handphone mengatakan, dengan agenda kegiatan PKT akan melahirkan karya baru untuk merawat tradisi lewat tulisan yaitu puisi.

"Kami sangat terkesan dengan kegiatan ini karena melahirkan banyak motivasi dan semangat dalam melahirkan karya baru," ungkap Diah.

Bahkan kedua peserta PPI asal Lambar tersebut berharap kedepannya kegiatan seperti itu dapat dilangsungkan di kabupaten Lampung Barat yang memiliki ragam adat tradisi. 

BACA JUGA:Wujud Kepedulian, PSHT NIC 068 Cabang Lampung Barat Bantu Korban Kebakaran Rumah di Sindang Pagar

Ketua PPI Kunni Masrohanti, menjelaskan, PKT dilaksanakan sebagai gerakan pemajuan kebudayaan yang dilakukan PPI melalui sastra yakni puisi. 

Lanjutnya PKT bentuknya kegiatan lapangan. Jadi, PPI menentukan lokasi yang dianggap layak untuk dikunjungi dengan segala kekayaan alam, budayanya, masyarakat dan kearifan lokalnya, terutama peran perempuannya. 

Setelah ditentukan lokasinya, PPI datang  melihat langsung, observasi dan wawancara lalu menuliskannya dalam bentuk puisi. 

Jadi bukan kunjungan atau jalan-jalan biasa. Hasilnya harus karya. Semua yang ikut PKT harus menulis puisi. 

BACA JUGA:Bobol Minimarket, Tiga Remaja Ditangkap Warga yang Tengah Ronda Malam

Dijelaskan Kunni kegiatan kali ini pulang keempat setelah sebelumnya PPI pulang ke Garut, Jabar 2020, Bantul, Yogyakarta 2022, dan Baduy, Banten 2023. 

Sejak PPI berdiri 2018 dan melakukan perjalanan PKT setiap tahun, PPI sudah mencatat dan mendokumentasikan tentang berbagai kekayaan alam dan budaya serta keberagaman bahasa dalam karya antologi puisi, yakni, Palung Tradisi, Temanten, Umbul Pasiraman, dan Ajari Aku Baduy yang segera terbit. 

Sementara Jauza Imani, yang didaulat sebagai Ketua Panitia Pelaksana PKT IV sekaligus tuan rumah di Lampung, mengaku telah melakukan persiapan sejak lebih sebulan lalu. 

Mulai mempersiapkan acara, lokasi, narasumber, tempat-tempat yang akan dikunjungi, hingga akomodasi dan segala hal yang diperlukan peserta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: