Stok Blanko KTP di Kota Bandar Lampung Masih Aman

Stok Blanko KTP di Kota Bandar Lampung Masih Aman

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkot Bandar Lampung melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung, mengatakan bahwa ketersediaan blanko KTP bagi pemilih pemula masih aman.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung Febriana menegaskan hal itu saat ditemui pada Selasa, 2 Juli 2024.

"Insyaallah untuk stok blanko KTP kita pastikan aman sampai dengan Pilkada 27 November mendatang ini," ucapnya.

Pada hari ini untuk jumlah masih tersedia mencapai ratusan ribu blangko yang di beri hibah oleh Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) dimana jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan wilayah lainnya.

BACA JUGA:Direktur Utama RLMG Purna Wirawan Kembali Jadi Opinion Leader

"Jumlah ratusan ribu keping blangko KTP elektronik, dan jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya," sambungnya.

Febri pun mengatakan jika stok tersebut memang sengaja disiapkan dalam rangka mendukung pemilih pemula yang bakal berusia 17 tahun ketika Pilkada 2024 mendatang.

Jumlah untuk penduduk Kota Bandar Lampung Semester II Tahun 2023 sebanyak 1.100.109 jiwa terdiri dari 556.781 Laki-laki dan 543.328 Perempuan.

"Jadi untuk yang akan memasuki usia 17 tahun saat pilkada bisa melakukan perekaman dari sekarang. Nanti pencetakan KTP el pas dia berusia 17 tahun,"sambungnya.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Bantah Kabar Soal THR dan Gaji 13 Belum Dibayarkan

Dan hingga Semester I Tahun 2024, ada 810.053 jiwa penduduk yang wajib KTP el, dan penduduk yang melakukan perekaman KTP el sudah mencapai 93% atau 754.104 jiwa.

Walaupun Pemkot Bandar Lampung menyiapkan stok blangko KTP, namun masyarakat disarankan oleh pihaknya untuk segera mengaktivasi IKD.

“IKD itu kan pilihan. Mau digital atau KTP el fisik. Tapi untuk IKD ini lebih simpel karena menggunakan handphone. Dan di dalam aplikasi IKD ini terdapat seluruh dokumen kependudukan,”tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: