Sigap, Petugas BPBD Bersihkan Pohon Tumbang di Pekon Rawas

Sigap, Petugas BPBD Bersihkan Pohon Tumbang di Pekon Rawas

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Petugas siaga bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), langsung membersihkan pohon tumbang yang terjadi di Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Sabtu 29 Juni 2024.

Kepala BPBD Pesbar, Imam Habibudin, S.Hut., M. Si., mengatakan, petugas siaga bencana langsung bergerak cepat begitu mendapat informasi ada pohon tumbang yang menutup badan jalan di Pekon Rawas.

“Begitu mendapatkan informasi terkait pohon tumbang di dekat SMKN 1 Krui itu, petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan pembersihan, sehingga masyarakat bisa melintas dengan normal,” kata dia.

Dijelaskannya, pohon tumbang tersebut berukuran besar menimpa badan jalan dan juga kabel jaringan listrik, beruntung tidak ada pengendara yang melintas sehingga tidak ada korban jiwas.

BACA JUGA:Peringati Harganas 2024, YSKB Pesisir Barat Gelar Senam-Cek Kesehatan Gratis

“Alhamdulillah, saat kejadian tidak ada masyarakat yang melintas, sehingga tidak ada korban dalam bencana pohon tumbang tersebut, sekarang lalulintas sudah kembali normal,” jelasnya.

Menurutnya, petugas siaga bencana pada BPBD Pesbar dipastikan siap untuk melakukan penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah kabupaten tersebut, terutama yang mengganggu kegiatan masyarakat.

“Badan jalan yang tertutup pohon tumbang itu merupakan jalan lingkar kecamatan, dan akses masyarakat dari Pekon Rawas dan sekitarnya untuk menuju pasar Way Batu,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana alam, seperti pohon tumbang yang rawan terjadi saat hujan deras dan angin kencang.

BACA JUGA:Tak Ada Jembatan Penyeberangan, Warga Way Haru Gotong Sepeda Motor Seberangi Muara Sungai

“Masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana terutama area perkebunan agar dapat waspadai pohon tumbang yang bisa terjadi kapan saja,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: