Hadir di Acara Harganas Semarang, Nukman: Memupuk Semangat dalam Percepatan Penurunan Stunting

Hadir di Acara Harganas Semarang, Nukman: Memupuk Semangat dalam Percepatan Penurunan Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (lambar),Drs. Nukman, MM., menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31, yang dipusatkan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa tengah, Sabtu 29 Juni 2024. 

Acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni. Peringatan Harganas sudah dilakukan sejak tahun 1993. Kemudian ditetapkan beleid Keputusan Presiden RI No.39 Tahun 2014, karena itu, setiap tahun selalu ada acara puncak Harganas," ungkap Nukman.

Menurutnya, peringatan Harganas merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia terhadap pentingnya suatu keluarga.

BACA JUGA:Penjelasan dari Buya Yahya Soal Gelar 'Haji' Bagi Orang Pulang Ibadah Haji

Sebab, keluarga memiliki peranan dan upaya untuk memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa," tuturnya. 

Selain itu, Nukman menerangkan, momentum Harganas diharapkan menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting

Masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024 ini. 

BACA JUGA:Polres Lampung Selatan Olahraga Bersama TNI Guna Perkuat Sinergitas

Karena itu, menurut Nukman, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. 

"Harganas ini diharapkan menjadi momentum mengajak masyarakat untuk entaskan stunting di seluruh wilayah Indonesia," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: