GenRe Lampung Barat Ikut Cegah Stunting

GenRe Lampung Barat Ikut Cegah Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu wadah binaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat yaitu GenRe (Generasi Berencana) melaksanakan kegiatan INI GENTING ("Implementasi Nyata GenRe Indonesia Cegah Stunting"). 

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi remaja tentang pencegahan stunting tersebut telah dimulai sejak tanggal 11 Mei 2024 hingga akhir semester tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di berbagai sekolah di Kabupaten Lampung Barat dan sudah diimplementasikan di 11 sekolah seperti SMAN 1 Liwa, SMAN 2 Liwa, SMAN 1 Sukau, MAN 1 Lampung Barat, SMKN 1 Liwa, SMPN 1 Liwa, SMPN 3 Liwa, SMPN 4 Liwa, SMPN Sekuting Terpadu, MTsN 1 Lampung Barat, dan SMPN 1 Belalau.

Lokasi kegiatan bervariasi mulai dari aula sekolah, ruang kelas, hingga lapangan terbuka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Pesisir Barat Bersihkan Sampah di Pantai Kuala Stabas

Putri Salsa Bila Madayani selaku Ketua Umum GenRe Lampung Barat mengatakan bahwa kegiatan implementasi cegah stunting ini diinisiasi oleh GenRe Kabupaten Lampung Barat dan melibatkan anggota PIK Remaja (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) serta siswa-siswi di SMP dan SMA di seluruh Kabupaten Lampung Barat.

“Pengurus GenRe Lampung Barat bertindak sebagai fasilitator, termasuk satu fasilitator nasional dan dua fasilitator provinsi," katanya.

Lebih lanjut Putri mengatakan bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang serius di Kabupaten Lampung Barat dengan angka kejadian yang masih cukup tinggi. 

Edukasi remaja tentang stunting penting dilakukan karena mereka adalah calon orang tua masa depan yang dapat menerapkan pengetahuan ini untuk mencegah stunting pada generasi berikutnya.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

“Selain itu kita juga mengedukasi para generasi muda terkait pentingnya asupan gizi yang baik dan menjaga kesehatan reproduksi sejak dini,” kata dia.

Putri menambahkan bahwa kegiatan INI GENTING dibagi menjadi beberapa sesi interaktif yang mencakup Nutrisi Seimbang dan Pola Makan Sehat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Materi Anemia dan Pentingnya Tablet Tambah Darah dan Pengenalan Stunting dan Dampaknya.

Sementara Ketua Bidang Komunikasi dan Edukasi GenRe Lampung Barat Rismalia Gultom mengatakan bahwa teknis penyajian kegiatan diselingi dengan permainan edukatif untuk memperkuat pemahaman peserta sehingga peserta tidak jenuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: