Dinkes Lampung Barat Gelar Pertemuan Mitra Pendukung Germas

Dinkes Lampung Barat Gelar Pertemuan Mitra Pendukung Germas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar Pertemuan Koordinasi Mitra Pendukung Pelaksanaan Germas, dihadiri perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), RSUD Alimuddin Umar, dan jajaran yang dipusatkan di Sari Rasa Hotel, Selasa 4 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 

Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. 

Kegiatan Germas antara lain melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan serta menggunakan jamban. 

BACA JUGA:Pekon Basungan dan Batu Api Salurkan BLT-DD Tahap Pertama Langsung 6 Bulan

"Adapun dasar hukum Germas terdapat pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tujuan Germas adalah untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, sebagaimana slogan lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Pelaksanaan Germas tidak mungkin dapat dilakukan sendiri oleh Dinas Kesehatan. Diperlukan dukungan penuh multi sektor baik dari unsur pemerintah, organisasi kemasyarakatan, mitra media, dunia usaha, organisasi profesi serta unsur masyarakat lainnya,” kata dia.

Terusnya, kemitraan pada esensinya dikenal dengan istilah gotong royong atau kerjasama dari berbagai pihak baik secara individual maupun kelompok. 

BACA JUGA:Akibat Pemadaman Listrik, Pembagian CPP di Pajar Bulan Tersendat

Masalah kesehatan saling berkaitan dan saling mempengaruhi dengan masalah lain, seperti masalah pendidikan, sosial, agama, politik, keamanan, ketenagakerjaan, pemerintahan, dan lainnya. 

Karenanya masalah kesehatan tidak dapat diatasi oleh sektor kesehatan sendiri, melainkan semua pihak perlu peduli terhadap masalah kesehatan tersebut.

"Melalui Pertemuan Koordinasi inilah diharapkan seluruh Mitra Pendukung Pelaksanaan Germas dapat merumuskan langkah-langkah yang saling bersinergi untuk dapat melakukan gerakan yang masif dan terstruktur dalam memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku Masyarakat yang kurang sehat,” kata dia.

"Dukungan berupa sosialisasi, diseminasi informasi, pembiayaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi Germas. Dalam pertemuan ini juga diharapkan dapat diinventarisir permasalahan-permasalahan yang ada dalam pelaksanaan Germas serta bagaimana upaya mengatasinya,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: