Pilkada 2024, KPU Pesisir Barat Wacanakan Ada TPS Khusus

Pilkada 2024, KPU Pesisir Barat Wacanakan Ada TPS Khusus

TPS Khusus di Rutan Krui pada Pemilu 14 Februari 2024--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mewacanakan adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Anggota KPU Pesbar, Marten Efendi, mengatakan bahwa, pada Pilkada 2024 kali ini memang akan ada wacana terkait dengan TPS khusus untuk di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui seperti pada Pemilu 2024 sebelumnya. 

Namun, mengenai hal tersebut saat ini KPU Pesbar juga masih menunggu petunjuk teknis maupun regulasi dari KPU Republik Indonesia (RI).

Sehingga, setelah adanya juknis nanti baru akan ada kesimpulan apakah akan ada TPS khusus atau tidak.

BACA JUGA:Peratin Karang Agung Monitor dan Salurkan PKH Tahap 3 kepada 78 KPM

"Yang jelas untuk wacana TPS khusus itu memang ada, karena mengenai TPS khusus di Pilkada 2024 ini juga bukan hanya untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesbar saja, namun juga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung," katanya.

Dijelaskannya, wacana TPS khusus di Rutan Krui tersebut tentu salah satunya sebagai upaya dalam rangka memudahkan pemilih yang ada di dalam Rutan Krui tersebut, bisa menyalurkan hak suara pada Pilkada 2024 nanti.

Jangan sampai pemilih di Rutan Krui yang memang memiliki hak pilih di Pilkada nanti tidak ada yang menyalurkan hak pilihnya, karena memang itu merupakan hak warga negara.

"Jika nanti sudah ada juknisnya, maka KPU Pesbar akan segera menindaklanjutinya terkait dengan TPS khusus di Rutan Krui ini," jelasnya.

BACA JUGA:Pemeliharaan dan BBM Armada Damkar Lampung Barat Disorot Dewan

Masih kata dia, seperti diketahui sebelumnya bahwa jumlah TPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Pesbar ini berdasarkan hasil pemetaan tersebut sebanyak 289 TPS yang tersebar di 116 Pekon dan dua Kelurahan di 11 Kecamatan se-Kabupaten setempat. 

Diharapkan dalam tahapan Pilkada yang masih dilaksanakan ini dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala. 

Mengingat dalam waktu dekat juga akan ada tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2024.

"Sehingga dalam pemutakhiran data pemilih nanti diharapkan dapat berjalan dengan maksimal di semua Pekon maupun Kecamatan, karena itu terkait dengan pemilih pada Pilkada 2024 mendatang," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: