Pakai Baju Adat Melayu, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Hulu Rokan

Pakai Baju Adat Melayu, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Hulu Rokan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang berlangsung di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu, 1 Juni 2024, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara

Menurut laporan Disway.id dari lokasi, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Melayu Teluk Belange dengan dominasi warna hitam yang dipadukan dengan warna kuning. 

Upacara dimulai pukul 07.15 WIB, dengan Presiden mengenakan pakaian adat khas Bumi Lancang Kuning.

Presiden menyapa dan bersalaman dengan pejabat yang hadir, termasuk Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

BACA JUGA:Telan Anggaran Rp3,2 Miliar, Ruas jalan Jalan Sukajadi-Ringin Jaya Segera Ditangani

Upacara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah menteri dan pimpinan lembaga hingga TNI dan Polri, di Blok Migas Terbesar di Indonesia.

Kombespol Andri Ananta Yudistira, Direktur Reskrimum Polda Jambi, bertindak sebagai Komandan Upacara. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa. 

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Fantastis, Damkar Lampung Barat Habiskan 11,6 Ton BBM Solar Setahun

Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, sementara Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Seluruh peserta upacara kali ini hadir dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir antara lain, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga turut hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: