Pastikan Ketepatan Isi dan Kualitas LPG 3 Kg, Pertamina Lakukan Sidak Rutin ke SPBE

Pastikan Ketepatan Isi dan Kualitas LPG 3 Kg, Pertamina Lakukan Sidak Rutin ke SPBE

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Guna memastikan ketepatan isi dan kualitas Liquified Petroleum Gas (LPG) untuk masyarakat, Tim Pertamina Patra Niaga Sales Area Lampung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) yaitu PT. Sejahtera Makmur Abadi di Kabupaten Lampung Utara dan PT. Karunia Ulul Azmi Kabupaten Tanggamus, Rabu 29 Mei 2024.

Ditengah memimpin sidak, Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Patra Niaga area Lampung Seftyan Reza Pangestu menerangkan bahwa sidak dilakukan sebagai bentuk pengawasan, terhadap kedua SPBE tersebut yang setiap harinya melakukan pengisian LPG ke tabung 3 kilogram (Kg), masing-masing 50 Metric Ton (MT) per hari yang disalurkan oleh agen ke wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Utara, Tanggamus, Way Kanan dan Lampung Barat.

"Sidak ini dilakukan untuk memastikan tabung LPG 3 kg atau melon yang beredar di masyarakat Lampung Barat khususnya dalam kondisi aman sesuai ukuran yang ditentukan pemerintah,"ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil sidak sampel timbangan 80 tabung per SPBE di dapati rata-rata berat tabung dan isi 7,96 - 8,04. 

BACA JUGA:Satpel Bandara MTK Sambut Baik Upaya Menpora, Lahan untuk Penambahan Runway Dipastikan Siap

Sehingga, hal tersebut sesuai dengan toleransi yang diatur dalam Permendag No. 32/M-Dagtper/10/2011 tentang barang dalam keadaan terbungkus. 

"Selain itu, untuk tera mesin pengisian tabung dan timbangan digital masih berlaku oleh Dinas Metrologi setempat,"imbuhnya.

Sementara menanggapi sidak tersebut, Manajer SPBE PT. Sejahtera Makmur Abadi Awan Suyanto dan Manajer SPBE PT. Karunia Ulul Azmi  Firmanto menyampaikan bahwa pihak SPBE rutin setiap paginya melakukan kalibrasi mesin pengisian dan sampel pengisian serta penimbangan tabung.

"Petugas dari Pertamina didampingi Pemerintah Daerah setempat juga rutin dalam melakukan pemeriksaan. Dan pada prinsipnya kami (SPBE) juga berkomitmen melakukan operasional terbaik sesuai ketentuan agar LPG dapat diterima masyarakat dengan baik,"tandasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: