Potensi Tambahan Pemilih di Pilkada Lampung Barat Capai 2.287

Potensi Tambahan Pemilih di Pilkada Lampung Barat Capai 2.287

Komisioner KPU Lampung Barat Divisi Program dan Data Ahmad Soleh --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Barat 27 November 2024 mendatang, berpotensi bertambah dibandingkan dengan DPT pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar 14 Februari lalu.

Komisioner KPU Lampung Barat Divisi Program dan Data Ahmad Soleh mengungkapkan, berdasarkan hasil sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maka diketahui potensi pemilih di Lampung Barat pada Pilkada nanti mencapai 225.352 pemilih.

“Melihat jumlah potensi pemilih tersebut, maka diperkirakan terjadi kenaikan atau bertambah sekitar 225.353 pemilih pada Pilkada nanti dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pemilu yang lalu,” ungkap Ahmad Soleh didampingi Kasubag Data dan Program Okto Apriadi, Rabu 22 Mei 2024.

Penambahan jumlah pemilih ini, kata dia, sangat dimungkinkan terjadi, mengingat pada Pemilu lalu jumlah Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 1.822 pemilih, yang menggunakan hak pilihnya dengan e-KTP saat hari pencoblosan, kemudian sisanya sekitar 465 ini mereka yang mempunyai hak pilih pada 27 November 2024 nanti.

BACA JUGA:Tertangkapnya Harimau yang Diduga Pemangsa Manusia Mendapatkan Apresiasi dari Ketua DPRD Lampung Barat

“Kendati begitu tentu tidak menutup kemungkinan juga akan mengalami pengurangan, mengingat ada yang meninggal dunia atau berpindah domisili ke luar daerah, dan juga adanya yang alih status seperti menjadi anggota TNI-Polri,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, menyebut untuk penetapan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Lampung Barat akan menyesuaikan dengan kondisi geografis di masing-masing wilayah. 

Tapi, ia memastikan jumlah TPS pada Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) setempat tahun 2024 akan berkurang dibandingkan dengan Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Menurut Erwan, tahapan pilkada Lambar kini telah berjalan dan sudah ada sinkronisasi data pemilih antara daftar potensial pemilih yang disampaikan Kemendagri ke KPU dan sinkronisasi dengan DPT terakhir di Kabupaten Lambar peningkatannya kurang lebih 2.000 pemilih dari DPT yang terakhir.

BACA JUGA:Harimau Pemangsa Manusia dan Ternak di Lampung Barat Berhasil Ditangkap di Tembelang

“Jumlah pemilih di Lambar sendiri 233.066 pemilih pada Pemilu lalu, yang tersebar di 982 TPS. Partisipasi bisa mencapai 83% lebih ini merupakan capaian yang sangat baik karena target nasional partisipasi milik 77,9 dan ini bisa dilampaui di kabupaten ini,” ungkapnya.

Terusnya, seluruh proses tahapan penyelenggaraan Pilkada sudah berjalan, KPU Lambar sudah menyampaikan laporan dalam rangka proses rekrutmen Pada di tingkat PPK dan PPS.

“Tentunya masukan saran kritik dari tokoh-tokoh masyarakat tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Lambar ini menjadi hal yang positif bagi KPU Lambar ke depan,” ungkapnya 

Lebih lanjut dijelaskan, tahapan yang akan segera dilaksanakan akan ada grouping TPS karena jumlah pemilih di TPS itu maksimal 600, maka 982 ini akan menjadi minimal 491 tapi di Kabupaten Lambar geografis pegunungan perbukitan jarak tertentu pemilih harus dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: