Buka Pembinaan Karu dan Karom Jemaah Haji, M Yusuf Tekankan Keikhlasan dalam Melayani

Buka Pembinaan Karu dan Karom Jemaah Haji, M Yusuf Tekankan Keikhlasan dalam Melayani

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seksi penyelenggara haji dan umroh (PHU) pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan pembinaan bagi ketua regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Jamaah Haji Reguler tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi bertempat di Aula Kantor Kemenag setempat, Selasa 21 Mei 2024.

Kegiatan dihadiri kepala Kantor Kemenag Lambar Drs. Hi. Muhammad Yusuf, M.M.,Pd, Plt Kasi PHU Linda Susilawati, S.Ag.,M.Ag, pendamping haji daerah, Dinas Kesehatan, Karu dan Karom se-Kabupaten Lambar.

Membuka sekaligus bertindak sebagai pemateri, Kepala Kantor Kemenag Lambar M. Yusuf menjelaskan bahwa setiap Karu dan Karom dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh petugas Kloter untuk memimpin kelompok kecil di dalam organisasi kelompok terbang. 

Dimana dalam satu rombongan terdapat sekitar 40-an orang yang dibagi menjadi empat regu. 

BACA JUGA:Jaring Peserta Didik Baru, SMAN 1 Batu Brak Lakukan Sosialisasi

“Hal ini berlaku mulai dari embarkasi hingga jamaah haji sampai kembali di tanah air. Tentu bukan hal yang mudah saat menjadi Karu dan Karom. Dikarenakan tugas Ketua Rombongan antara lain menjalin komunikasi, mengadakan pertemuan, memantau pelaksanaan tugas, dan mengikuti pembekalan tugas bersama ketua regu dan petugas kloter,”jelasnya. 

Menurutnya, petugas juga harus mampu mengkoordinasikan bersama ketua regu dalam pelayanan akomodasi, konsumsi dan pembagian identitas, menganjurkan kepada anggota rombongan untuk mengikuti bimbingan manasik haji di asrama dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam rombongan kepada Ketua Kloter. 

“Yang lebih berat ialah saat berada di Arab Saudi. Akan tetapi hal ini jangan sampai dijadikan beban. Ikhlas dalam melayani jamaah menjadi tujuan utama saat melaksanakan tugas yang sudah diamanatkan sebagai Karu dan Karom,”tandasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: