Maskot dan Jingle Pilkada Lampung Barat Diluncurkan

Maskot dan Jingle Pilkada Lampung Barat Diluncurkan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar launching tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada), sekaligus peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Lampung Barat tahun 2024, yang dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL), Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Selasa 21 Mei 2024.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Lampung Barat Erwan Bustami, Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., jajaran komisioner KPU Lampung Barat, para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) dan ratusan masyarakat, serta dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian lokal, antara orkes gambus, sekura, tarian tradisional, nyambai hingga pembagian bonek maskot. 

Maskot Pilkada Lampung Barat tahun 2024 yakni ‘Sigarwa’ boneka dengan kepala berbentuk kayu Ara. 

Kayu ara sendiri merupakan jenis tanaman endemic Lampung Barat, yang juga diabadikan menjadi salah satu ikon Kota Liwa yakni Tugu Ara Bundaran Kota Liwa.

BACA JUGA:Dongkrak Perekonomian Daerah, Dinas SDABMBK Lampung Utara Prioritaskan Perbaikan Jalan

Ketua KPU Lampung Barat Arip Sah, S.Kom., mengungkapkan, sejauh ini KPU Lampung Barat sudah mulai melakukan tahapan-tahapan Pilkada diantaranya melakukan seleksi hingga pelantikan 75 PPK yang tersebar di 15 Kecamatan. 

"Hari ini juga kita sedang melakukan seleksi PPS tingkat Pekon. Sejauh ini baru kabupaten Lampung Barat yang melakukan seleksi berbasis CAT hal tersebut bertujuan agar dalam tahapan penjaringan lebih transparan," ungkapnya.

Arip Sah juga menyinggung dipilihnya Kebun raya Liwa sebagai lokasi Launching itu dikarenakan Kebun raya Liwa menjadi salah satu kebanggaan Lampung barat, mengingat hanya satu-satunya di Lampung bahkan di Sumatera yang diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

”Launching tahapan Pilkada ini juga mengangkat budaya lokal, seperti orkes gambus, tari tradisional, nyambai,” kata dia.

BACA JUGA:Tim Kecamatan Monev APBP Tahap I Pekon Sukaraja, Ini Hasilnya

Sementara itu, Pj Bupati Lampung Barat mengatakan Pilkada adalah sarana kedaulatan bagi rakyat dalam pemilihan pemimpin kedepannya. 

Menurutnya, Pilkada adalah pesta demokrasi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin masa depan. 

Pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat dapat mendukung pelaksanaan Pilkada Lampung Barat 2024 agar berjalan kondusif dan aman. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memberi dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Hal itu dibuktikan dengan dukungan berupa hibah. Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berharap hibah tersebut dapat pergunakan dengan sebaik-baiknya agar pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan lancar," sambungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: