Kejari Lampung Barat Gelar Penyuluhan Radikalisme dan Terorisme pada TMMD Kodim 0422

Kejari Lampung Barat Gelar Penyuluhan Radikalisme dan Terorisme pada TMMD Kodim 0422

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 0422 Lampung Barat menyelenggarakan kegiatan penyuluhan bahaya radikalisme dan terorisme kepada masyarakat Pekon Srimenanti, Kecamatan Air Hitam, bertempat di balai pekon setempat pada Selasa, 14 Mei 2024.  

Pada penyuluhan itu sebagai narasumber pemberi materi Plt. Kasubsi Ipoleksosbudhankam Kejaksaan Negeri (Kejari) Lambar Era Fitriani, S.H., Batiter Kodim 0422/LB Serma Syawaludin dan masyarakat Pekon Sri Menanti. 

Dalam sambutannya Serma Syawal menerangkan, tujuan utama dari pelaksanaan penyuluhan adalah memberikan pemahaman bagi masyarakat, tentang pentingnya melakukan pencegahan masuknya paham-paham radikalisme di kehidupan masyarakat sedini mungkin.

Sebab, paham radikalisme bertentangan dengan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, Serma Syawal berharap agar seluruh warga meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan terhadap oknum atau orang asing yang masuk ke wilayah, sebagai tindakan deteksi dan pencegahan dini.

BACA JUGA:Karena Alasan Ini Penjual Tuak Hanya Diberikan Sanksi Teguran

Sementara itu, dalam pemaparannya, Era Fitriany, S.H mengatakan, masyarakat harus bersikap waspada terhadap orang yang masuk ke wilayahnya, mungkin saja memiliki kepentingan yang tidak baik, termasuk ada niatan untuk melakukan teror atau membawa pengaruh paham tertentu yang bersifat radikal.

Selain itu, perlunya digalakkan kembali ronda malam bersama-sama di pos-pos siskamling dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan, selain menjaga lingkungan juga untuk menciptakan kebersamaan komunikasi antar masyarakat.

Lanjutnya, bercermin dari kejadian aksi teror yang telah terjadi di beberapa daerah di Indonesia, merupakan akibat oleh kurang pekanya masyarakat terhadap situasi lingkungan di sekitar mereka.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: