Awali Penyerapan DD 2024, Pekon Kejadian Salurkan BLT-DD kepada 19 KPM

Awali Penyerapan DD 2024, Pekon Kejadian Salurkan BLT-DD kepada 19 KPM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Kejadian, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2024 KEPADA 19 penetapan kelompok penerima manfaat (KPM) di balai pekon setempat, Selasa 23 April 2024.

Penyaluran BLT-DD Tahap pertama untuk alokasi Januari, Februari, Maret dan April ini menjadi program penyerapan dana desa perdana yang dilaksanakan di tahun anggaran 2024 berdasarkan Permendesa No 7 Tahun 2023 tentang rincian prioritas DD tahun 2024 meliputi BLT-DD maksimal 25%, padat karya tunai maksimal 50%, penanganan stunting, ketahanan pangan minimal 20% serta dana operasional pemerintah pekon maksimal 3%.

Usai penyaluran BLT-DD, Peratin Kejadian Ahmad Hendriansyah menyampaikan bahwa program BLT-DD kembali menjadi satu dari tiga prioritas dalam pemanfaatan alokasi dana desa tahun anggaran 2024.

Untuk itu dirinya berpesan agar para KPM agar dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan baik terutama untuk kebutuhan pangan.

BACA JUGA:KKI Lampung Barat Jadi Narasumber Pada Kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor 2024

“Penyaluran BLT-DD perdana di tahun 2024 ini kita alokasikan untuk empat bulan, sehingga setiap KPM menerima bantuan tunai sebesar Rp1,2 Juta,” ujar Hendri.  

Dijelaskannya berlanjutnya program penyaluran BLT-DD tahun ini merupakan program pemerintah dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi yang berdasarkannya ketentuan anggaran dialokasikan maksimal 25 persen dari total pagu dana desa.

Adapun kriteria penerimanya ialah keluarga miskin dengan domisili pekon setempat dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim. Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis. 

Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia (Lansia) atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

BACA JUGA:Zelda Hadiri Penilaian EPP Pekon Tambak Jaya

Sementara, Plt Camat Belalau Wahyudi Heru iskandar turut menyampaikan bahwa program BLT-DD kembali bergulir di tahun anggaran 2024.

“Sehingga dengan mulai disalurkannya BLT-DD di setiap pekon, kami berpesan kepada seluruh kelompok penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dengan memprioritaskan kebutuhan pokok pangan,” pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: