Penyaluran Bantuan Sosial Lewat PT Pos Dipercepat, akan Cair Sebelum Lebaran

Penyaluran Bantuan Sosial Lewat PT Pos Dipercepat, akan Cair Sebelum Lebaran

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bantuan sosial yang melalui Kantor Pos sudah disalurkan sebelum Lebaran, hal ini menepis dugaan sebelumnya yang menyatakan tentang penundaan pencairan.

Beberapa waktu lalu disebutkan bahwa bantuan sosial melalui PT Pos tidak akan disalurkan sebelum Lebaran, namun kenyataannya bantuan sosial sembako senilai Rp 600.000 untuk April, Mei, dan Juni sudah cair.

Penyaluran dilakukan pada 8 dan 9 April untuk mengantisipasi libur Lebaran

Jika ada penerima bantuan yang belum mengambil bantuan pada tanggal tersebut, mereka dapat melakukan pengambilan setelah Lebaran.

BACA JUGA:Asyiik! Bansos BPNT 2024 Tahap 3 Masih Proses Pencairan

Dalam penjelasan terkait dengan keterangan "sembako" dalam penyaluran melalui PT Pos, disebutkan bahwa meskipun tertulis "sembako" Rp 600.000, bantuan yang diterima sebenarnya berupa uang tunai.

Sementara untuk bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), status periodenya di Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) sudah berubah menjadi April, Mei, Juni.

Untuk proses penyaluran telah mencapai tahapan Surat Perintah Membayar (SPM), yang menandakan bahwa penyaluran ke rekening KPM akan segera dilakukan.

Proses ini akan diikuti oleh tahapan Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D), dan seterusnya hingga bantuan diterima oleh KPM.

BACA JUGA:Bantuan Sosial PIP Kemendikbud akan Cair Bulan Ini

Meskipun penyaluran bantuan PKH dan BPNT sudah dimulai pada 8 dan 9 April, masih ada beberapa KPM yang belum mendapat informasi.

Hal ini karena penyaluran dilakukan bertahap dan belum mencakup seluruh penerima.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: