BPBD Pesisir Barat Ingatkan Pemudik Waspadai Tanah Longsor-Pohon Tumbang

BPBD Pesisir Barat Ingatkan Pemudik Waspadai Tanah Longsor-Pohon Tumbang

Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Barat, Imam Habibudin, S.Hut., M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Memasuki arus mudik lebaran atau H-7 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali mengingatkan pemudik terutama yang melalui ruas jalan lintas barat (jalinbar) di Kabupaten setempat agar meningkatkan kewaspadaan terutama saat musim penghujan seperti sekarang.

Kepala BPBD Kabupaten Pesbar, Imam Habibudin, S.Hut, M.Si., mengatakan, kini kondisi cuaca seperti di wilayah Kabupaten setempat masih memasuki musim hujan. 

Sehingga, kondisi itu harus menjadi perhatian bagi para pemudik, karena di wilayah ruas jalinbar terutama yang melintasi kawasan hutan hingga kini masih rentan terjadi musibah tanah longsor hingga pohon tumbang.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Ini Jadwal Libur Sekolah di Lampung Barat

“Sehingga, kondisi itu harus benar-benar menjadi perhatian bersama, terutama para pemudik yang melintas di wilayah ini, baik pemudik tujuan Krui-Bengkulu, Krui-Tanggamus maupun Krui-Liwa,” katanya.

Ditambahkannya, terutama saat kondisi cuaca hujan diharapkan agar para pemudik dapat beristirahat atau singgah terlebih dahulu sembari menunggu kondisi cuaca tidak lagi hujan di Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran yang ada di sejumlah titik di Kabupaten Pesbar ini. 

Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bagi para pengguna jalan terutama pemudik yang melintasi di ruas jalinbar ini.

“Terlebih jika kondisi hujan lebat, kita ingatkan agar pengendara dalam hal ini pemudik untuk tidak nekat melintasi kawasan hutan di wilayah ini, karena itu jelas sangat beresiko,” ujarnya.

BACA JUGA:25 KPM di Way Suluh Terima BLT DD Triwulan Pertama Tahun 2024

Masih kata dia, dalam mengantisipasi ataupun mengatasi jika terjadinya tanah longsor ataupun pohon tumbang di ruas jalinbar yang ada di wilayah ini tentu pihaknya juga akan terus meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait lainnya yang ada di Kabupaten setempat. 

Dengan begitu, jika terjadi adanya tanah longsor dan pohon tumbang yang berdampak pada kemacetan arus lalu lintas itu bisa segera ditanggulangi.

“Mudah-mudahan saja selama arus mudik hingga arus balik lebaran tahun 2024 ini terutama di ruas jalinbar Kabupaten Pesbar tidak ada kendala dan tetap berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: