Hukum Memberi Hadiah untuk Anak Agar Mau Berpuasa, Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Hukum Memberi Hadiah untuk Anak Agar Mau Berpuasa, Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ustadz Khalid Basalamah memberikan penjelasan mengenai hukum memberikan hadiah kepada anak agar mau Puasa, ketika salah satu jamaahnya yang bertanya.

"Assalamualaikum Ustadz. Bolehkan menjanjikan anak yang baru belajar puasa full untuk diberikan hadiah di akhir Ramadhan nanti sebagai bentuk motivasi untuk anak?" tanya salah satu jamaah.

Memberikan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi, baik berhubungan dengan masalah ibadah, agama atau urusan dunia, tidak ada masalahnya.

"Tentu saja boleh, tidak ada masalah. Jadi secara umum boleh tidak kita memberikan hadiah kepada anak yang berprestasi, baik berhubungan dengan masalah ibadah, agama atau urusan dunia mereka, tidak ada masalah itu boleh saja, kita berikan hadiah. " Jawab Ustadz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

"Namun memang di saat mereka sudah dewasa yah, maka kita harus menjelaskan kalau ini ibadah untuk Allah SWT, jadi dulu hadiah yang dikasih itu sebagai motivasi karena masih kecil, jadi mereka tahu, tidak selamanya harus ada hadiah," lanjutnya.

Ustadz Khalid Basalamah memaparkan mengenai mengajarkan anak agar dapat menjalankan ibadah puasa secara penuh. Jangan ajarkan anak untuk puasa setengah hari.

"Di Indonesia itu ada satu tradisi harus di hilangkan ini. Mengajarkan anak kita puasa setengah hari," ujar Ustaz Khalid Basalamah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: