Dishub Pesisir Barat Catat 64 Armada Bus Siap Layani Arus Mudik

Dishub Pesisir Barat Catat 64 Armada Bus Siap Layani Arus Mudik

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencatat sebanyak 64 armada bus baik bus Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang ada di Kabupaten setempat dan juga yang berasal dari luar daerah, siap melayani angkutan mudik lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Ronal Erwanda, S.E., mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kadishub Kabupaten Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P., menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Dishub Provinsi Lampung maupun pihak terkait lainnya bahwa, untuk di wilayah Pesbar ini tercatat ada 64 armada bus yang dinyatakan laik jalan untuk angkutan mudik lebaran tahun 2024 ini. 

Baik terhadap masyarakat Kabupaten Pesbar dengan tujuan luar daerah, maupun masyarakat dari luar daerah dengan tujuan Kabupaten Pesbar.

“Keseluruhan total ada 64 bus untuk angkutan mudik lebaran di Kabupaten Pesbar ini baik bus AKAP dan juga bus AKDP,” kata dia, Minggu 31 Maret 2024.

BACA JUGA:Cegah Kecurangan Terjadi di SPBU, Polres Lampung Barat Tingkatkan Pengawasan

Lanjutnya, pihaknya juga berharap bagi masyarakat yang hendak mudik lebaran dengan menggunakan armada bus tersebut, agar dapat menggunakan bus yang telah memiliki stiker kelaikan jalan dari Dishub. 

Artinya, untuk kendaraan bus angkutan mudik lebaran yang telah ditempel stiker dari Dishub tersebut tentu sudah dilakukan pengecekan kelaikannya. 

Jangan sampai masyarakat menggunakan bus angkutan mudik nanti yang dinilai tidak laik jalan.

“Karena jelas jika nanti masih ditemukan adanya bus angkutan mudik lebaran yang dinilai tidak laik jalan, namun masih beroperasi itu jelas sangat membahayakan penumpang maupun pengendara lain,” jelasnya.

BACA JUGA:BKSDA Bengkulu SKW III Lampung Imbau Masyarakat Desa Penyangga di Suoh dan BNS Kurangi Aktivitas di Kebun

Untuk itu, kata dia, Dishub Pesbar juga mengimbau kepada perusahaan armada bus terutama yang akan beroperasi untuk angkutan mudik lebaran, seperti di wilayah Pesbar ini jika memang dinilai tidak laik jalan. 

Diharapkan jangan sampai nekat beroperasi, karena itu sangat membahayakan keselamatan penumpang maupun pengendara. 

Karena itu, harus menjadi perhatian bersama, baik perusahaan armada bus, maupun masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran.

“Untuk di Kabupaten Pesbar sendiri, diprediksi arus mudik lebaran akan mulai terlihat ramai pada tanggal 5-8 April 2024 mendatang, atau bertepatan saat memasuki libur sekolah,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: