Sidak Makanan dan Parcel, Satgas Pangan dan BPOM Berhasil Temukan Ini

Sidak Makanan dan Parcel, Satgas Pangan dan BPOM Berhasil Temukan Ini

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota Bandar Lampung bersama dengan Dinas Ketahan Pangan hari ini melakukan inspeksi secara mendadak kepada para penjual Parcel dan mengecek gudang Makanan yang ada di Kota Bandar Lampung, Kamis, 28 Maret 2024.

Selaku Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan M Yusuf menyampaikan bahwa pihaknya dengan didampingi oleh beberapa Instansi dalam melakukan sidak Parcel dan juga Gudang makanan menjelang hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu upaya pencegahan peredaran makanan yang berbahaya.

"Pada hari ini kita bersama dengan tim satgas baik dari Dinkes, Disdag, Dinas Pertanian, Kepolisian dan juga BPOM Lampung melakukan pengecekan pada pedagang parcel musiman ini, mereka ini bukan seperti pasar modern dari barangnya jelas mereka mempunyai daftar makanan itu maka nya kita turun, untuk hasilnya kita menunggu dari BPOM,"ucapnya.

Selain dari parcel pihaknya juga turun ke gudang-gudang buah serta gudang yang menyimpan makanan yang berada di wilayah Enggal Bandar Lampung.

BACA JUGA:Momen Ramadhan, KAI Divre IV Tanjungkarang Salurkan TJSL dengan Total Rp146 Juta

"Untuk gudang yang mereka punya saat ini sebagai gudang penyimpanan makanan kecil dan kita juga sudah ambil sampelnya akan kita uji untuk kimianya hari ini dan juga pestisida dan yang lainnya,"imbuhnya.

Hanya saja kita menemukan banyak yang tidak berstandar kesehatan yang mana diantaranya seperti makanan tidak berizin edar, hingga temuan makanan kadaluarsa.

"Disana banyak sekali temuan register, produk kadaluarsa, cara pemisahan makanan, yang bersebelahan dengan yang bukan makanan atau barang busuk, maka saya minta diskes, pertanian dan Polisi memberikan keterangan sesuai kewenangannya,"tegasnya.

Selain dari itu juga pihaknya meminta sidak selanjutnya akan diberikan konsekuensi utamanya untuk gudang makanan yang banyak temuan ini.

BACA JUGA:Bawaslu Imbau Kepala Daerah Tidak Rolling Jabatan ASN Jelang Pilkada 2024

"Apakah dia melakukan pematuhan yang sudah direkomendasikan dari kita, contohnya ada bukti pemusnahan barang dan untuk segera dikirim feedback ke BPOM kalau tidak nanti akan ada sanksi gudang untuk Asia Food ini," tambah Yusuf.

Sementara itu PPAM BPOM Firdaus Umar menyatakan hasil dari uji Parcel yang sudah diambil menunjukkan resiko aman, namun lain dengan gudang makanan tersebut.

"Untuk semua Parcel aman, untuk di gudang ditemukan juga makanan yang tidak mempunyai izin edar, semua sudah kita sisihkan, untuk dilakukan pengujian dan kita konfirmasi distributor mengenai barang tersebut,"imbuhnya.

Atas temuan tersebut, pihaknya juga meminta masyarakat untuk menjadi pembeli yang cerdas supaya terhindar dari bahan-bahan berbahaya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: