Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok Daging-Telur di Lampung Barat Aman

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok Daging-Telur di Lampung Barat Aman

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar Yudha Setiawan, S.I.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat memastikan stok daging dan telur di kabupaten Beguai Jejama Sai Betik ini menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang aman dan cukup.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, S.I.P mengungkapkan, untuk sapi potong kebutuhannya 193 ekor namun stok yang tersedia mencapai 229 ekor, sedangkan kambing jumlah kebutuhan 1.968 ekor namun stok yang tersedia sebanyak 2.285 ekor sehingga cukup.

“Jadi stok daging sapi dan kambing menjelang hari raya Idul Fitri di Lampung Barat aman dan cukup,” ungkap Yudha.

Menurut, untuk kebutuhan ayam ras/potong untuk Kabupaten Lampung Barat sebanyak 12.512 ekor namun stok yang tersedia sebanyak 14.256 ekor. 

BACA JUGA:Sejumlah SMA-SMK di Lambar akan Dapat Kucuran Anggaran dari Pemprov Lampung

“Untuk ayam ras biasanya didatangkan dari luar daerah, seperti halnya di daerah Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Natar Kabupaten Lampung Selatan, Bukit Kemuning, Bandar Jaya Kabupaten Lampung Selatan, serta Metro dan daerah Unit II Kabupaten Tulang Bawang,” kata dia.

Sementara ayam buras/itik kebutuhan 28.540 ekor namun stok yang tersedia mencapai 48.040 ekor sehingga cukup. 

“Untuk telur ayam ras stok 10.120 kilogram sementara kebutuhan diperkirakan 8.988 kilogram. Untuk telur ayam ras dipenuhi dari luar Lampung Barat, seperti dari daerah Bandar Jaya, Metro, Bukit Kemuning dan Natar,” bebernya.

Lanjut dia, sementara untuk stok telur ayam buras/itik stok 137.127 kilogram sementara kebutuhan 114.560 kilogram sehingga masih sisa 22.566 kilogram. 

BACA JUGA:Para Unsur Pimpinan Kecamatan Ikut Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60

“Untuk stok telur juga masih cukup,” ujar Yudha seraya menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok serta pendistribusian daging dan telur di Kabupaten Lampung Barat aman dan lancar serta harganya relatif stabil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: