Jelang Ramadhan, Diskopdag Pesbar Monev Bahan Pokok

Jelang Ramadhan, Diskopdag Pesbar Monev Bahan Pokok

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Menjelang Ramadhan 1445 Hijriah, Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kebutuhan bahan pokok (bapok) di pasar induk Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 6 Maret 2024.

Kabid Perdagangan, Panji Adha Santoso, S.Kom, M.M., mendampingi Kadiskopdag Kabupaten Pesbar, Siswandi, S.Kom, M.H., mengatakan, monev kebutuhan bahan pokok yang kembali dilaksanakan itu salah satunya untuk memastikan stok dan harga kebutuhan bahan pokok menjelang bulan suci puasa Ramadhan 1445 Hijriah dalam waktu dekat.

“Dari hasil monev yang dilaksanakan di pasar Way Batu ini, untuk semua stok kebutuhan bahan pokok saat ini dipastikan masih aman bahkan hingga Ramadhan nanti,” katanya.

Sedangkan, kata dia, mengenai kondisi harga kebutuhan bahan pokok itu masih tergolong stabil, walaupun terdapat beberapa bahan pokok yang sudah naik. 

BACA JUGA:37 Mahasiswa UT Pokjar AAF Way Tenong Mengikuti Wisuda UT Lampung Periode Pertama Tahap I Tahun 2024

Tapi, tidak terlalu signifikan dan berdampak terhadap masyarakat di Kabupaten Pesbar. 

Dirinya berharap selama Ramadhan mendatang kondisi itu tetap berlangsung stabil. 

Mengingat, selama bulan Ramadhan itu kebutuhan masyarakat dipastikan akan meningkat, salah satunya kebutuhan bahan pokok.

“Setiap Ramadhan hingga Idul Fitri di Kabupaten Pesbar ini memang biasanya untuk kebutuhan bahan pokok di masyarakat itu akan meningkat. Karena itu kita berharap tetap stabil, dan aman,” jelasnya.

BACA JUGA:Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Pesisir Barat Capai 81,74 Persen

Sementara itu, masih kata dia, berdasarkan hasil monev bahan pokok yang dilaksanakan di Pasar Way Batu tersebut untuk harga bahan pokok hasil pertanian seperti beras yakni beras medium berkisar Rp15.000-16.000/Kg.

Sedangkan beras jenis premium berkisar Rp18.000-19.000/Kg, serta harga kedelai lokal berkisar Rp14.000 sampai Rp14.500/Kg.

Kemudian, untuk harga cabai seperti harga cabai merah keriting berkisar Rp65.000/Kg.

“Sementara itu, untuk harga cabai merah besar dan juga cabai rawit merah berkisar Rp60.000/Kg, lalu harga cabai rawit hijau berkisar Rp55.000/Kg, serta bawang merah dan bawang putih masih berkisar Rp35.000/Kg,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: