Tak Seperti Gerindra Ditumbangkan PKB, Kursi Ketua DPRD Lambar Dipastikan Tetap Milik PDIP

Tak Seperti Gerindra Ditumbangkan PKB, Kursi Ketua DPRD Lambar Dipastikan Tetap Milik PDIP

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kursi ketua di DPRD Lampung Barat, untuk periode 2024-2029 dipastikan tetap dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang merupakan partai pemenang dengan perolehan 14 kursi pada Pemilihan legislatif (Pileg) 14 Februari 2024, jumlah tersebut meningkat sebanyak 3 kursi dibandingkan dengan Pileg 2019.

Menyoal siapa kandidat yang akan diberikan amanah untuk duduk di kursi Ketua DPRD Lambar, Hi. Parosil Mabsus selaku Ketua DPC PDIP Lambar mengisyaratkan bahwa pimpinan DPRD Lambar saat ini yakni Edi Novial menjadi kadernya yang berpeluang besar tetap menduduki kursi Ketua DPRD.

Sebab menurut Parosil, dalam aturan partai untuk pimpinan DPRD itu dijabat oleh Ketua, Sekretaris atau bahkan Bendahara partai yang terpilih sebagai anggota legislatif.

"Aturan partai jelas, kalau misalnya ketua partainya yang mencalonkan diri dan terpilih maka ketuanya yang menjadi pimpinan dewan, kalau tidak sekretarisnya, karena ini memiliki poin tersendiri terkait dengan kepemimpinan," kata Parosil Mabsus, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Grand Max Tabrak Pengendara Sepeda Motor Sedang Parkir, Sopir Langsung Diamankan

Namun, tandas Parosil, tentu pimpinan DPRD Lambar nantinya akan ditetapkan melalui rapat pleno di partai. 

"Kami belum memplenokan, tetapi yang pasti kami akan memunculkan yang terbaik diantara putra-putri yang terpilih hari ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain berpeluang besar karena menjabat sebagai sekretaris DPC PDIP Lambar, Edi Novial juga menjadi Caleg dengan perolehan kursi terbanyak di Lampung Barat yakni 4.591 suara pada Pileg 2024.

Berbeda dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang justru kehilangan kedudukannya sebagai wakil ketua II akibat berkurangnya jumlah perolehan kursi, yang justru direbut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memperoleh empat kursi.

BACA JUGA:Lampung Barat Bebas Frambusia, Pj Bupati Nukman Terima Sertifikat dari Kemenkes RI

Sementara, kursi pimpinan DPRD Lambar lainnya yakni posisi wakil Ketua I tetap dipastikan akan diduduki oleh Partai Demokrat, dengan perolehan lima kursi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: