Sering Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Pesisir Barat Masih Aman dari Bencana

Sering Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Pesisir Barat Masih Aman dari Bencana

Ilustrasi Hujan-freepik.com@wirestock-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras mulai mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dalam beberapa hari terakhir, meski begitu belum ada laporan bencana alam yang berdampak langsung ke masyarakat yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala BPBD Pesbar, Drs. Imam Habibudin, M.Si., mengatakan dalam beberapa hari terakhir hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Pesbar, tapi belum ada laporan adanya bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Pesbar.

“Hujan deras memang mulai sering mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Pesbar, meski begitu belum ada laporan bencana alam yang kita terima dari masyarakat,” kata dia.

Dijelaskannya, bencana alam yang sering terjadi akibat hujan deras itu seperti tanah longsor dan banjir, akan tetapi dua bencana alam tersebut masih aman dan tidak terjadi di Kabupaten Pesbar.

BACA JUGA:Disdikbud Pesisir Barat Gelar Sosialisasi dan Advokasi Stunting

“Untuk banjir dan tanah longsor sejauh ini masih aman, di seluruh titik rawan banjir dan tanah longsor juga belum ada laporan yang kita terima,” jelasnya.

Menurutnya, bencana alam yang harus diwaspadai saat datangnya musim hujan seperti tanah longsor, pohon tumbang, banjir, banjir bandang dan sejumlah bencana alam lainnya.

“sejumlah bencana alam itu harus diwaspadai oleh masyarakat di Kabupaten Pesbar, terutama sejumlah wilayah yang selama ini rawan terjadi bencana alam saat memasuki musim hujan,” terangnya.

Pihaknya berharap, masyarakat dapat segera menyampaikan laporan ke BPBD Pesbar jika terjadi bencana alam, sehingga bisa langsung dilakukan penanggulangan.

BACA JUGA:Ikuti Re-Akreditasi, UPT Puskesmas Batu Kebayan Targetkan Predikat Utama

“Laporan dari masyarakat juga sangat kita harapkan, karena kita juga tidak mungkin tahu bencana alam setiap saat tanpa ada informasi dari masyarakat. Jadi, silahkan sampaikan laporan saat terjadi bencana alam, nanti kami akan turun langsung kelapangan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: