Tahun 2023, OJK Memproses Sebanyak 1.383 Layanan Konsumen

Tahun 2023, OJK Memproses Sebanyak 1.383 Layanan Konsumen

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK ) Provinsi langsung pada tahun 2023 pihaknya menerima dan memproses 1.383 layanan konsumen

"Adapun jumlah ini meningkat apabila dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 1.331 layanan konsumen," kata Kepala OJK Lampung, Bambang Hermanto, Rabu 28 Februari 2024.

Lanjutnya, untuk rincian jumlah layanan konsumen selama tahun 2023 diantaranya:

Sebanyak 450 layanan pengaduan, 907 layanan pertanyaan 26 layanan informasi.

BACA JUGA:Aipda Septa Jadi Korban Lakalantas di Pelabuhan Bakauheni Saat Bertugas, Kapolda Lampung: Dia Pahlawan

"Dapat disimpulkan bahwa sektor perbankan merupakan sektor dengan layanan konsumen tertinggi sebanyak 630 layanan, disusul dengan sektor perusahaan pembiayaan sebanyak 323 layanan," Jelasnya.

Adapun untuk masalah yang disampaikan dalam layanan konsumen diantaranya: 

Kesalahan penerima dalam pengiriman uang melalui M-Banking.

Proses pencairan klaim polis Asuransi, Permohonan restrukturisasi/keringanan kredit, Entitas Pinjaman Online Ilegal.

BACA JUGA:6.742 Calon Jemaah Haji Lampung Sudah Melunasi Bipih Tahap 1

Selanjutnya ada NIK Ganda sehingga mengakibatkan double data pada SLIK Debitur,

Penipuan menggunakan modus phising, social engineering, Penyampaian indikasi fraud oleh pegawai PUJK.

"Kemudian Permasalahan agunan, diantaranya alasan LJK dalam penambahan agunan, agunan sudah ditarik namun fasilitas kredit masih aktif. Selanjutnya denda dan atau waktu penyelesaian atas pelunasan kredit dipercepat," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: