Penjelasan Ustadz Adi Hidayat, Usia Anak Harus Mulai Belajar Puasa

Penjelasan Ustadz Adi Hidayat, Usia Anak Harus Mulai Belajar Puasa

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Khususnya umat muslim  yang sudah baligh, diwajibkan menunaikan ibadah puasa setiap bulan suci Ramadhan.

Anak-anak yang belum baligh, tidak diwajibkan berpuasa. Menurut Ustadz Adi Hidayat, orang tua harus tetap melatih anak anak agar senantiasa terbiasa belajar berpuasa.

Pada usia berapa anak harus belajar puasa? Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang hal ini agar dapat dipahami para orang tua.

Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa mempersiapkan latihan puasa diikat dengan dua hal. Pertama saat momentum usia anak sebelum baligh, dan yang kedua adalah kemampuan dari anak itu sendiri.

BACA JUGA:Penyebab Puasa Bisa Sia-sia Menurut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat dari Kitab Shahih Bukhari

Rentang usia baligh setiap anak berbeda - beda, baik perempuan atau laki-laki. Anak perempuan dikatakan baligh ketika sudah haid, dan laki-laki ketika sudah bermimpi tertentu atau sudah sempurna akal penalarannya.

"Berbeda-beda, ada yang 13, ada yang 15 usianya (saat baligh). Namun poinnya, sebelum sampai ke usia baligh, sepanjang dia punya kemampuan itu boleh untuk ikut berpuasa," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Pemaparan Ustadz Adi Hidayat bahwa anak dapat dilatih atau diajarkan puasa sebelum baligh sesuai dengan kemampuannya. Sehingga ketika tiba waktunya anak wajib puasa, ia sudah terbiasa.

"Berapa usia sewajarnya? Kadang ada anak usia 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun sudah mulai berlatih untuk puasa," ujar Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Ungkap Amalan yang Dikerjakan Rasulullah SAW saat Menyambut Ramadhan

"Latihan puasa itu, tidak harus menjadikan anak didorong sempurna sampai maghrib, semampu dia dulu. Contohnya, dia berlatih awalnya dari subuh, dia tahan sampai jam sepuluh atau jam sebelas, alhamdulillah. Orang tua harus tetap support," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Ketika anak pada usia sebelum baligh sudah sering belajar untuk puasa, maka secara alami tubuhnya akan terbiasa hingga akhirnya akan berpuasa sempurna hingga maghrib.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: