Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan di Bulan Sya'ban

Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan di Bulan Sya'ban

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW memberikan isyarat agar umatnya selalu menyiapkan bekal sebelum memasuki Ramadhan. 

Bekal yang dapat menguatkan ruh seorang hamba dan bisa memberikan kekuatan spiritual.

“Sehingga ketika sampai kepada Ramadhan bisa semangat untuk beraktivitas seperti orang-orang dulu beraktivitas,” ucap UAH.

Muslim sekarang banyak yang lemah, banyak tidur, dan lemas ketika Ramadhan. Orang-orang terdahulu membangun kekuatan dengan sangat luar biasa di Ramadhan. Bahkan, mereka memanfaatkan siang dan malamnya untuk ibadah.

BACA JUGA:Benarkah Hubungan Suami Istri di Malam Jum'at Sunnah Nabi? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

“Karena itu orang-orang yang tidak mempunyai persiapan sejak bulan Sya'ban maka umumnya akan merasakan hal yang berbeda saat masuk Ramadhan seperti orang lemas tidak punya air, maka bakal lemas juga ketika puasa karena tidak punya semangat meningkatkan ibadah,” ucapnya.

Satu amalan spesial yang selalu dilakukan Rasulullah SAW pada bulan Sya’ban. Diriwayatkan oleh Sahabat Usamah bin Zaid. 

Disebutkan bahwa saat masuk bulan Sya’ban Nabi SAW memiliki kebiasaan dalam meningkatkan amalannya. Amalan spesifik ini banyak dikerjakan Nabi SAW itu adalah puasa.

Amalan yang dikerjakan Rasulullah SAW membuat Sahabat merasa heran. Karena Nabi SAW juga puasa di bulan Sya’ban bahkan jumlahnya lebih banyak dari bulan Rajab.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat : Semoga Hasil Pemilu 2024 Tetap Damai

Sampai-sampai para Sahabat mengkonfirmasi kepada Rasulullah SAW tentang kebiasaan beliau puasa.

“Kata Nabi, bulan Syaban yang kalian banyak tanya kenapa aku puasa? Kenapa aku meningkatkan ibadah? Bulan itu, Sya'ban sebetulnya agung. Tidak seperti kau bayangkan. Sya’ban punya keistimewaan yang sangat istimewa seperti Rajab punya keistimewaan, seperti Ramadhan lebih istimewa lagi,” katanya mengutip riwayat Usamah bin Zaid.

“Kata nabi, banyak orang tidak sadar bahwa (Sya’ban) punya keistimewaan. Syaban yang dimaksud punya keistimewaan di antara Rajab bulan ketujuh dan Ramadhan bulan kesembilan,” lanjutnya.

Keistimewaan bulan sya'ban yaitu amal-amal umat Islam secara langsung dilaporkan, disampaikan, dan diangkat kepada Allah SWT. Meski tidak dilaporkan pun Allah SWT Maha Mengetahui, tapi ini ingin menunjukkan satu keistimewaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: