19.658 KPM di Pesisir Barat Mulai Terima Bantuan Beras CPP

19.658 KPM di Pesisir Barat Mulai Terima Bantuan Beras CPP

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai melaksanakan penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahun 2024 bertempat di Selasar Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesbar, pada Jumat 2 Februari 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Pj. Sekda Drs. Jon Edwar, M. Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesbar, Ny. Septi Istiqlal, perwakilan Perum Bulog Sub Divre Lampung Utara (Lampura), Forkopimda Pesbar, para kepala dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat perwakilan penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Agus Istiqlal mengatakan, Pemkab Pesbar berterima kasih kepada pemerintah pusat atas telah disalurkannya bantuan pangan tahap pertama Tahun 2024 ke masyarakat di Kabupaten itu.

“Bantuan itu berupa beras sebanyak 10 kilogram per bulan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Harapannya bantuan ini dapat membantu mengurangi beban kebutuhan masyarakat, khususnya beras yang terus mengalami kenaikan harga,” ungkapnya.

BACA JUGA:Cegah Rabies, Disbunnak Lampung Barat Vaksin Ratusan HPR

BACA JUGA:Warga Minta Guru ASN dan PPPK di Pagar Dewa Tidak Dipindah ke Wilayah Lain

Menurutnya, penyelenggaraan penyaluran bantuan beras CPP merupakan upaya pemerintah untuk menanggulangi kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

“Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, tujuannya agar rumah tangga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CPP. 

Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat, akan tetapi saat ini harga beras di pasaran selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan.

BACA JUGA:2024, Lampung Barat akan Terima Dana Transfer Pemerintah Pusat Rp950 Miliar

BACA JUGA:Kepala BPS Lampung Barat Tutup Pelatihan Petugas Susenas Maret 2024

“Harga di pasar tradisional komoditi beras medium saat ini mencapai Rp14 ribu per kilogram (Kg), harga yang demikian tinggi membuat keadaan masyarakat menjadi susah,” terangnya.

Untuk diketahui, penerima bantuan beras CPP Tahun 2024 di Kabupaten Pesbar bersumber dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mencapai 19.658 KPM yang tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah bantuan beras sebanyak 196.580 kilogram per bulannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: