Salurkan Bansos CPP, Pj Peratin Wayngsion Tampung Rasa Kecewa Masyarakat Karena Jumlah KPM Berkurang

Salurkan Bansos CPP, Pj Peratin Wayngsion Tampung Rasa Kecewa Masyarakat Karena Jumlah KPM Berkurang

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Way Nigson, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk alokasi Januari tahun 2024 yang didistribusikan secara terpusat di balai pekon setempat, Kamis 1 Februari 2024.

Bansos beras CPP itu disalurkan kepada 165 keluarga penerima manfaat (KPM) oleh Pj Peratin Way Ngison Sahril, S.E. Seperti pada penyaluran periode sebelumnya, setiap KPM memperoleh 10 kilogram (Kg) beras.

Pada kesempatan itu, Sahril mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi penyaluran bansos itu sehingga tiba di pekon tepat waktu dan dapat langsung disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat. 

Namun dalam penyaluran bansos CPP kali ini, aparatur pekon banyak menerima ungkapan rasa kecewa dari masyarakat mengenai adanya pengurangan jumlah KPM yang cukup signifikan di pekon tersebut.

BACA JUGA:Bahas Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf, Kankemenag Gelar Rakor Bersama BPN

“Tentu masyarakat mengucapkan terimakasih karena bantuan ini kembali bergulir di tahun ini, akan tetapi tadi banyak masyarakat yang menyampaikan rasa kecewa karena jumlah KPM tahun ini berkurang banyak. Kalau tahun 2023 penerimanya 293 KPM, tahun ini turun menjadi 162 KPM. Artinya ada pengurangan 131 KPM jadi ini menimbulkan pertanyaan ditengah masyarakat,” ujarnya.

Terkait itu, untuk sementara pemerintah pekon hanya dapat menampung keluhan masyarakat dan nantinya akan berupaya mengkoordinasikan kepada pihak terkait guna memastikan alasan terjadinya pengurangan tersebut.

“Intinya keluhan masyarakat itu sudah kami tampung, nanti sama-sama kita cari informasinya, apa yang menjadi dasar dan alasan terjadinya pengurangan jumlah KPM bansos CPP tahun ini,” kata dia.

Disisi lain, khususnya kepada masyarakat penerima manfaat, ia menyampaikan bahwa bantuan beras CPP ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. 

BACA JUGA:Dua Jabatan Kosong, Pj. Bupati Lampung Barat Tunjuk Pelaksana Tugas

Tujuannya ialah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan serta sebagai upaya pemerintah dalam menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan upaya mengendalikan dampak inflasi.

Sementara sebelumnya, Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Barat Raden Muhammad Arsyad mengungkapkan, untuk penerima Bansos CPP periode Januari 2024 ini akan sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Dimana, kata dia, untuk penyaluran tahun 2023 KPM berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) RI. 

Namun untuk KPM Bansos CPP tahun 2024 berbasis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: