Pasar Tematik Wisata Senilai Rp70 Miliar Dibangun, Mendag Zulhas Berharap Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pasar Tematik Wisata Senilai Rp70 Miliar Dibangun, Mendag Zulhas Berharap Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDMenteri Perdagangan RI Dr. H.C Zulkifli Hasan S.E,. M.M., melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar tematik wisata jelajah Danau Ranau di komplek wisata hotel hotel Seminung Lumbok Resort di Pekon Lombok, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Kamis 25 Januari 2024.

Kedatangan Zulkifli Hasan yang akrab disapa --- Bang Zulhas itu didampingi oleh Sekjen Kemendag RI Suhanto, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Drs. Isy Karim M.S.i., beserta Sekda Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto itu disambut oleh Pj Bupati Lambar Nukman beserta unsur forkopimda.

Setibanya di komplek wisata Seminung Lumbok Resort sekitar pukul 09:30 WIB, rombongan diarak dengan prosesi adat menggunakan alam gemisikh menuju lokasi utama peresmian pasar tematik wisata.

Dikesempatan itu, Zulhas mengucapkan terimakasih atas sambutan meriah dari jajaran Pemkab Lambar serta berbagai elemen masyarakat yang hadir. 

BACA JUGA:Usai Terima Gelar Adat dari Kepaksian Pernong, Mahfud MD Berkampanye di Way Tenong

BACA JUGA:3 Sikap Ahli Surga, Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa pemerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp70 Miliar untuk pembangunan pasar tematik wisata jelajah danau ranau ini.

Artinya, ini bukan sesuatu yang mudah dan butuh perjuangan karena harus melalui proses persaingan dengan daerah lain. Untuk itu dengan mulai terlaksananya pembangunan ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di Kabupaten Lampung Barat.

"Pasar tematik ini mengusung tiga konsep yaitu pariwisata, perdagangan, dan seni budaya. Untuk itu pembangunan dan pengembangan pasar tematik wisata ini diharapkan memberikan dampak positif terutama dari sisi pertumbuhan perekonomian," ucap Zulhas yang juga mantan Menteri Kehutanan dan LHK serta Ketua MPR RI tersebut.

Tumbuhnya perekonomian itu, selain memberikan akses bagi para pedagang dan UMKM juga terbukanya lapangan usaha baru melalui pemberdayaan strategi melalui pariwisata, UMKM dan pengembangan pariwisata berkelanjutan seperti yang telah disusun dan didesain oleh Pemkab Lambar.

BACA JUGA:Berikut Penjelasan Lengkap Cara Mendapat Bansos PKH Tahap I 2024

BACA JUGA:Waspada! Penipuan Gaya Baru Menggunakan Kode QR, Saldo Rekening Bisa Terkuras Habis

"Dengan berlangsungnya peletakan batu pertama ini maka proses pembangunan sudah dimulai. Kita berharap pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai harapan dan selesai tepat waktu pada Oktober mendatang. Selanjutnya Pemerintah daerah harus segera melakukan langkah-langkah persiapan yang bersifat non fisik secara paralel sehingga pada saat pasar selesai dibangun dapat segera dimanfaatkan dan mendukung kepariwisataan Lampung Barat," harapnya.

Ia menambahkan bahwa pembinaan pedagang hendaknya menjadi perhatian penting oleh Pemerintah Daerah sehingga pasar ini menjadi pasar pariwisata yang ramah terhadap wisatawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: