Hari Pertama Kampanye Terbuka di Pesisir Barat Masih Sepi

Hari Pertama Kampanye Terbuka di Pesisir Barat Masih Sepi

Ilustrasi Kampanye Pemilu [email protected]

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Jadwal pelaksanaan kampanye terbuka atau rapat umum bagi seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tersebut dimulai pada Minggu 21 Januari 2024. 

Namun, dihari dalam pelaksanan kampanye terbuka untuk di Kabupaten Pesbar ini masih sepi atau belum ada peserta Pemilu yang menggelar kampanye terbuka tersebut.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesbar, J.Wilyan Gulta, mengatakan bahwa, berdasarkan pengawasan dan juga pantauan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik di Kabupaten, ditingkat Kecamatan hingga Pekon/Kelurahan, itu belum ada laporan mengenai kegiatan kampanye terbuka atau rapat umum yang dilakukan peserta Pemilu 2024.

“Bahkan, hingga saat ini juga belum ada tembusan yang masuk mengenai peserta Pemilu yang akan melaksanakan kegiatan rapat umum atau kampanye terbuka di Kabupaten Pesbar ini,” katanya.

BACA JUGA:Cara Merawat Smartphone Baru Agar Awet: Tips Penting untuk Pemilik Gadget

Meski begitu, kata dia, Bawaslu Pesbar tentunya tetap mengimbau seluruh peserta Pemilu 2024 yang akan melaksanakan kegiatan kampanye terbuka tersebut untuk dapat menginformasikan ke Bawaslu setempat. 

Karena, Bawaslu Pesbar akan tetap melakukan pengawasan dalam semua kegiatan yang dilakukan peserta Pemilu salah satunya kampanye terbuka tersebut, yang memang merupakan salah satu kegiatan kampanye yang digelar seperti di lapangan terbuka maupun lainnya.

“Terlebih dalam kegiatan kampanye terbuka itu dipastikan peserta Pemilu mengerahkan massa. Untuk itu, kita juga mengingatkan dan mengimbau peserta Pemilu untuk tetap menjaga kondusifitas selama pelaksanaan kampanye,” jelasnya.

Masih kata dia, peserta Pemilu jika memang nanti akan menggelar kampanye terbuka di Kabupaten Pesbar ini agar benar-benar menjaga situasi tetap kondusif. 

BACA JUGA:Jadi Pengedar Narkoba, Petani Asal Gedung Aji Ditangkap Polisi

Pengerahan massa diharapkan tetap dijaga, jangan sampai menimbulkan konflik. 

Mengingat sebelumnya, semua peserta Pemilu juga telah ada kesepakatan bersama, fakta integritas salah satunya menjaga situasi tetap kondusif, dan Pemilu berjalan dengan aman dan damai, serta kesepakatan lainnya.

“Dalam pelaksanaan kampanye terbuka jika memang akan dilaksanakan di Pesbar oleh peserta Pemilu itu harus sesuai dengan zona yang telah ditentukan dan bersama-sama juga harus tetap menjaga komitmen dalam mewujudkan Pemilu yang damai. Bawaslu Pesbar juga mengingatkan dalam pelaksanaan kampanye, peserta Pemilu tetap mematuhi regulasi maupun aturan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar, Zairi Opani, mengatakan bahwa, dihari pertama ini untuk jadwal kampanye terbuka itu memang belum terdapat adanya peserta Pemilu yang melaksanakan kampanye terbuka atau rapat umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: