Peratin Bedudu Bagikan 33 Ribu Bibit Tanaman Buah dan Sayuran

Peratin Bedudu Bagikan 33 Ribu Bibit Tanaman Buah dan Sayuran

--

LAMBAR, MEDIALALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat yang bekerjasama dengan Rainforest Alliance, organisasi yang bergerak di bidang pelestarian hutan berhasil mengembangkan sebanyak 93 ribu bibit yang terdiri dari tanaman buah dan sayuran.

Usai ditanam di sejumlah lokasi diantaranya di hutan adat wilayah itu, selanjutnya di tahap akhir total ada sebanyak 33 ribu bibit yang terdiri pinang, petai, jaling, jengkol, daun salam, pala, gaharu dibagikan kepada masyarakat yang diserahkan oleh Peratin Bedudu, Alexander Metias pada Jum’at 19 Januari 2024. 

Alex mengatakan ribuan bibit tanaman buah ini dibagikan secara merata kepada seluruh masyarakat Bedudu agar dapat ditanam di lahan kosong atau lahan produktif masing yang nantinya dapat tumbuh dan berkembang sehingga membawa manfaat untuk perekonomian.

“Bibit yang dibagikan ini adalah bibit yang telah dengan varietas unggul yang proses pengembangannya didampingi Rainforest Alliance bersama Aliansi Petani Muda Kota Bogor dan Serang, Kami berharap agar masyarakat menanam dan bisa memelihara bantuan bibit ini hingga berhasil dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan program kita dapat tercapai,” kata Alex.

BACA JUGA:Hasil Musdesus, Pekon Turgak Tetapkan Penerima BLT DD 2024 Sebanyak 20 KPM

Ia menambahkan pembagian bibit ini menjadi bagian dari program ketahanan pangan yang menjadi salah satu fokus dana desa untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat menambah perekonomian. 

Dimana dalam hal ini sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 104 tentang program ketahanan pangan.

“Diharapkan nantinya Pekon Bedudu bisa menjadi salah satu pekon yang memiliki kekayaan buah-buahan dan sayuran. Dengan begitu ketahanan pangan terjaga dengan baik dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” imbuhnya.

Disisi lain sejumlah warga penerima program menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pekon yang turut konsen dalam mendukung peningkatan perekonomian masyarakat dari sisi perkebunan dengan memberikan sejumlah bantuan bibit tanaman buah secara gratis.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: