Pencapain PBG Bandar Lampung Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

Pencapain PBG Bandar Lampung Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Disprekim) Kota Bandar Lampung Yusnadi Febrianto mengatakan Retribusi persetujuan Bangunan dan Gedung (PBG) pada tahun 2023 mengalami kenaikan yang signifikan.

Pasca dari Pandemi Covid 19, roda perekonomian dan investasi mulai kembali gencar dilakukan di Kota Bandar Lampung, kini dibuktikan dengan banyaknya capaian retribusi PBG yang sudah ada.

"Retribusi PBG, Disperkim Kota Bandar Lampung sampai dengan 31 Desember 2023 kurang lebih mencapai di angka Rp 11 miliar,"ucapnya.

Dari jumlah itu jika diakumulasikan dari capaian di beberapa tahun yang lalu dimana Indonesia sedang dilanda oleh pandemi Covid 19 termasuk di Kota Bandar Lampung juga.

BACA JUGA:466 Kasus Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung Selama Tahun 2023

"Jadi dari akumulasi Rp 21 miliar hanya 51% tetapi ini bukan target, karena retribusi PBG ini satu kali bayar untuk seumur hidup yang arti nya, ada penambahan gedung dan lain-lainnya,"tambahnya.

Tetapi jika dibandingkan dengan retribusi PBG yang ada pada tahun 2022, hal ini mengalami kenaikan yang cukup jauh.

"Dibandingkan pada tahun 2022 itu cukup jauh pencapaian hanya di angka Rp 1,7 miliar yang artinya pertumbuhanya baik, ini berasal dari pembuatan izin rumah, hotel dan lain-lain tetapi hampir rata-rata rumah dan hotel,"ungkapnya.

Ditambah lagi, mengenai bantuan teknis dari Kementerian yang sudah di terima oleh Wali Kota dari Kementerian ATR BPN dimana investasi yang masuk akan semakin mempermudah investor dimana erat hubungannya dengan Perumahan dan Hotel.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Resmikan Klinik Kesehatan di Kampus UIN Raden Intan Lampung

"bantuan teknis dari Kementerian ATR akan ditindaklanjuti dalam bentuk Perda atau Peraturan Kepala Daerah, dimana manfaatnya akan dirasakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan juga warga diluar kota Bandar Lampung dalam bentuk kemudahan berinvestasi, RDTR juga memudahkan investor berinvestasi di Bandar Lampung," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: