Tingkatkan PAD, Pemkab Lampung Barat Pasang Alat E-Ticketing di Kebun Raya Liwa

Tingkatkan PAD, Pemkab Lampung Barat Pasang Alat E-Ticketing di Kebun Raya Liwa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi tempat rekreasi dan olahraga, Pemkab Lampung Barat melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) telah melakukan pemasangan alat electronic ticketing (E-Ticketing) di objek wisata Kebun Raya Liwa (KRL), Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit.

“Alat E-Ticketing sudah kita pasang di Kebun Raya Liwa pada Desember lalu, dan hasil PAD nya pada awal tahun 2024 sudah ada sekitar Rp10.000.000 dan telah masuk ke kas daerah,” tegas Kepala BPKD Ir, Okmal, M.Si, Senin 8 Januari 2024. 

Menurut dia, pemasangan E-Ticketing di objek wisata baru pertama kali dilaksanakan oleh Pemkab Lampung Barat di Kebun Raya Liwa.  

“Dengan adanya E-Ticketing diharapkan dapat memudahkan pemerintah daerah melihat dan menghitung realisasi target yang dipasang, karena hitungannya realtime dan mudah dibaca serta mengurangi biaya cetak tiket sehingga dalam pelaporan pendapatan lebih akuntabel,” kata dia.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Pemerintah Pusat Realisasikan DAU di Lampung Barat Puluhan Miliar

BACA JUGA:Polisi Beri Pengamanan Melekat Pada Proses Pelipatan Surat Suara

Pihaknya berharap dengan adanya pemasangan E-Ticketing tersebut PAD dari sektor retribusi tempat rekreasi tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. 

“Tahun lalu, PAD dari retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Dinas Lingkungan Hidup di target sebesar Rp73.700.000,00  (APBD Perubahan) namun hingga akhir tahun 2023 telah terealisasi Rp78.058.000,00 atau 105,91%, dan untuk tahun ini ditargetkan sebesar Rp67.000.000 (APBD murni 2024),” pungkas dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: