Kerugian Bencana di Lampung Barat Tembus Rp2 Miliar, Ini Rinciannya!

Kerugian Bencana di Lampung Barat Tembus Rp2 Miliar, Ini Rinciannya!

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam kurun waktu selama tahun 2023, jumlah bencana akibat cuaca ekstrem dan non alam di Kabupaten Lampung Barat mencapai 53 kejadian.

“Kalau dibandingkan tahun 2022, jumlah bencana di Lampung Barat tahun 2023 mengalami penurunan. Tahun 2022 mencapai 162 kejadian sedangkan tahun 2023 hanya 53 kejadian dan semoga tahun ini Lampung Barat dijauhkan dari bencana,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Priyo Utomo, S.H, Rabu 3 Januari 2023

Menurut dia, jumlah bencana yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 53 kejadian dengan jumlah kerugian sebesar Rp2 miliar. 

Sementara untuk korban jiwa tiga orang meninggal dunia, mengungsi 15 orang, warga terdampak 978 jiwa, rumah terendam 248 unit, rusak berat 17 unit, rumah rusak ringan enam unit. 

BACA JUGA:Ketua LBMNU Lampung Barat : Politik Uang Pada Pemilu Adalah HARAM

Kemudian lahan 20,9 hektar, fasilitas umum pendidikan dua, fasilitas jalan 7, serta fasilitas jembatan 7.

“Untuk kerugiannya sekitar Rp2 miliar,” tegas dia

Lebih jauh Padang mengungkapkan, sebanyak 53 kejadian bencana itu rinciannya tanah longsor 3 kejadian, banjir 3 kejadian, cuaca ekstrim 25 kejadian, non alam 7 kejadian serta kebakaran hutan dan lahan 15 kejadian.

“Sebanyak 53 kejadian bencana itu antara lain terjadi di Kecamatan Suoh, Kecamatan Balik Bukit, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Belalau, Kecamatan Sukau serta Kecamatan Batu Brak, Kecamatan Pagar Dewa dan Kecamatan Kebun Tebu,” imbuhnya.

BACA JUGA:Diduga Selingkuh, Oknum Anggota DPRD Lambar Digerebek Warga Saat Berduaan dengan Wanita Bersuami

Mengingat daerah Lampung Barat rawan terjadi bencana, Padang mengimbau kepada masyarakat Lampung Barat untuk tetap waspada. 

“Kabupaten Lampung Barat merupakan daerah rawan bencana baik itu longsor, banjir, maupun bencana lainnya, jadi ada baiknya kita semua untuk waspada dan berhati hati. Ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” pungkas Padang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: