Tahun 2023, Pengunjung Perpustakaan Umum di Lampung Barat Tembus 4.282 Orang

Tahun 2023, Pengunjung Perpustakaan Umum di Lampung Barat Tembus 4.282 Orang

Kepala Dispersip Syafaruddin, S.Pd, M.Pd.I --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Minat masyarakat untuk berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat cukup tinggi.  

Pasalnya, hingga Desember 2023, jumlah pengunjung yang datang langsung ke Perpustakaan Umum mencapai 4.282 orang.

“Hingga Desember, sudah ada 4.282 pengunjung yang datang ke Perpustakaan Umum, baik itu untuk membaca buku maupun meminjam buku,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syafaruddin, S.Pd, M.Pd.I, Kamis 28 Desember 2023.  

Dipaparkan, sebanyak 4.282 pengunjung itu rinciannya bulan Januari 410 orang, bulan Februari 470 orang, bulan Maret 374 orang, bulan April sebanyak 455 orang, bulan Mei 405 orang, bulan Juni sebanyak 361 orang,  bulan Juli sebanyak 372 orang dan di bulan Agustus sebanyak 335 orang, bulan September 441 orang, bulan Oktober 450 orang, bulan November 115 orang dan bulan Desember 94 orang. 

BACA JUGA:Upaya Peningkatan Kualitas Rencana Belanja Pemerintah Pusat yang Lebih Efektif, Efisien dan Akuntabel

“Pengunjung didominasi dari kalangan pelajar baik Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas atau sederajat,” kata dia.

Untuk bahan bacaan yang ada di Perpustakaan Daerah, lanjut dia, antara lain buku cerita anak anak, buku teknologi komunikasi, buku manajemen organisasi, buku kepemimpinan modern, paket cerdas beternak, buku ayo berkebun, buku agama, buku sosiologi dan lain lain.

Selain memberikan pelayanan perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan mobil perpustakaan, pihaknya juga memanfaatkan kendaraan bentor untuk perpustakaan keliling (Perpusling) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.  

“Kita berharap dengan adanya perpustakaan umum dan kendaraan bentor perpustakaan keliling tersebut, maka akan meningkatkan minat baca masyarakat Lampung Barat dalam rangka mendukung kabupaten literasi,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: