KTH Pekon Karang Agung Lakukan Gerakan Jaga Kelestarian Alam

KTH Pekon Karang Agung Lakukan Gerakan Jaga Kelestarian Alam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Guna mensukseskan komitmen Pemkab Lampung Barat perihal kabupaten konservasi, yang bertujuan upaya pelestarian atau perlindungan sumber daya alam untuk dikelola secara teratur demi mencegah kerusakan dan kemusnahan hutan.

Sebagai bentuk keikutsertaan mendukung komitmen kabupaten konservasi itu, Kelompok Tani Hutan (KTH) Sinar Harapan 3, Pekon Karang Agung, Kecamatan Way Tenong, secara swadaya melakukan pengadaan bibit dan penanaman di lahan Hutan Kemasyarakatan (HKM) yang dikelola anggota kelompok tani tersebut.

Senin 25 Desember 2023, Peratin Karang Agung Junaedi Sopantono, A.Md., yang juga disaksikan Kepada Resort 44 B Way Tenong - Kenali Agus Budi Darmawan mendapat undangan dari pihak KTH tersebut secara simbolis melakukan bibit alpukat l. 

Ketua KTH Sinar Harapan 3 Sutrisno menyampaikan anggota kelompok tani yang dipimpinnya melaksanakan secara swadaya pengadaan bibit dan penanaman demi terjaganya lahan register yang sudah menjadi lahan HKm.

BACA JUGA:10 Tahun Tak Dibangun, Wali Murid dan Warga Perbaiki Jalan SMA Secara Swadaya

"Penanaman pohon alpukat ini tujuannya selain daripada ikut serta menjalankan program pemerintah daerah, kami juga berharap dengan tanaman alpukat ini akan menambah penghasilan bagi anggota kelompok," terangnya.

Usai melakukan penanaman simbolis Peratin Junaedi mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh KTH Sinar Harapan 3 dalam menjaga lahan register 44 B.

Karena itu pihaknya berharap kedepannya akan diikuti oleh kelompok-kelompok yang lain, sebagai bentuk menjaga lingkungan, walaupun sudah mendapatkan izin untuk dijadikan lahan pertanian.

Dirinya juga menekankan anggota kelompok juga wajib untuk menjaga kelestarian lingkungan, kalaupun selama ini tanah register ini telah ditanami pohon penghijauan, untuk kedepannya pohon yang ditanam adalah pohon buah-buahan yang dapat menambah penghasilan anggota kelompok, seperti alpukat, durian dan jengkol dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Rombongan Gajah Liar Rusak 11 Gubuk Warga di Pekon Marang

Dan atas nama pemerintah Pekon Karang Agung Junaedi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Resort 44 B Way Tenong-Kenali yang sudah membina dan memberi pengarahan kepada kelompok tani hutan yang ada di Pekon Karang Agung, yang memiliki lahan HKM cukup luas kurang lebih 600 hektar. 

Sementara Agus Budi menyampaikan kepada anggota kelompok untuk tetap menjaga kelestarian alam tanpa mengurangi fungsi lahan tersebut sebagai lahan pertanian yang sudah mendapatkan izin oleh pemerintah

"Walaupun ini sudah jadi lahan pertanian, anggota kelompok wajib juga untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari erosi di tanah register 44B Way Tenong Kenali," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: