Berkat Program Gaserbu, Sebagian Warga Kurang Mampu Bisa Punya Rumah Layak Huni

Berkat Program Gaserbu, Sebagian Warga Kurang Mampu Bisa Punya Rumah Layak Huni

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, kembali meluncurkan inisiatif bantuan perbaikan rumah untuk rumah-rumah yang tidak layak huni (RTLH). 

Kali ini, program perbaikan rumah melibatkan Gerakan Seribu Rupiah (Gaserbu), yang berhasil terkumpul dari sumbangan para kepala desa di kecamatan Merbau Mataram. 

Selain itu, dana Gaserbu juga berasal dari sumbangan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan.

Penerima manfaat kali ini adalah Sunayah, seorang warga Dusun Giri Harjo II Merbau Mataram. 

Sunar dari Dusun Talang Jawa Merbau Mataram menjadi penerima bantuan perbaikan rumah kedua, sementara Ibu Mursiah dari Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang menerima yang ketiga.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, yang turut mendampingi Bupati H. Nanang Ermanto. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nanang Ermanto mengajak Camat dan Kepala Desa setempat untuk memotivasi masyarakat melalui praktik budaya gotong-royong dalam proses pembangunan.

"Budaya gotong-royong ini tidak boleh dilupakan, karena merupakan pondasi utama bangsa kita. Harus kita tanamkan kepada generasi penerus kita. Saya serahkan dana pembangunan kepada Camat, dan jika kurang, tambahkan pak Camat," kata Nanang, Minggu (12 November 2023).

Bupati Nanang berharap bahwa program perbaikan rumah dari pemerintah daerah dapat membantu masyarakat agar rumah yang awalnya tidak layak huni dapat diubah menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sehat. 

"Semoga bantuan perbaikan rumah ini dimanfaatkan dengan baik. Saya minta kepada Camat sebagai koordinator, dan kepada Kades serta Kadus untuk melibatkan masyarakat dalam gotong-royong untuk mendukung pembangunan sehingga rumah-rumah warganya dapat menjadi tempat tinggal yang layak huni," tambah Nanang.

Sementara itu, Sunar yang menjadi salah satu penerima bantuan dari Bupati Lampung Selatan merasa sangat terharu dan mengucapkan terima kasih. 

"Alhamdulillah, saya sangat senang dan terharu. Terima kasih, Pak Bupati. Saya doakan semoga Bapak diberi umur panjang," ujar Sunar dengan mata berkaca-kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: