Ustadz Adi Hidayat: ini Cara Mengendalikan Syahwat yang Sering Muncul

Ustadz Adi Hidayat: ini Cara Mengendalikan Syahwat yang Sering Muncul

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Manusia mempunyai nafsu atau syahwat yang ada di dirinya.

Jika tidak dikendalikan dengan baik, syahwat ini dapat membawa manusia ke arah negatif.

Syahwat tidak boleh dianggap enteng atau diabaikan. Jika sedang memuncak, terutama untuk para lajang yang belum memiliki pasangan, nantinya syahwat dapat mengarahkan keperilaku maksiat.

Beberapa cara untuk mengontrol bergejolaknya syahwat agar manusia dapat terhindar dari kemaksiatan.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat: Ilmu Jangan Dijadikan Pemicu Kesombongan!

"Cara mencegah paling utama adalah sholat," ucap Ustaz Adi Hidayat. 

Sholat merupakan cara paling ampuh mengontrol munculnya syahwat. Saat posisi sujud, disarankan meminta kepada Allah agar diberi kemampuan dalam mengendalikan syahwat yang ada didalam dirinya.

"Maka saat sujud mohonkan khusus kepada Allah supaya dapat dibimbing agar diberikan kekuatan oleh Allah untuk mengendalikan syahwatnya," ujar UAH.

Jika sudah melaksanakan sholat namun masih sering terlena dengan syahwat, Ustadz Adi Hidayat memerintahkan segera bertaubat atau memohon ampun kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat: Baca Do'a Ini Ketika Turun Hujan

"Taubat jangan pernah berhenti harus optimis terus," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Tanamkan di diri kita pemikiran bahwa ajal atau kematian itu bisa datang kapan saja, sehingga menjadi pengingat agar terlepas dari perbuatan maksiat.

Terakhir, Ustadz Adi Hidayat menyarankan berlatih melaksanakan puasa. Menurutnya, puasa itu cara paling ampuh mengontrol syahwat agar terhindar dari kemaksiatan.

"Latihan puasa, sebab puasa paling efektif untuk mencegah maksiat, maka kalau syahwat sedang muncul, sedang puasa gak akan dilakukan berat untuk melakukan itu. Minimal pertama, takut batal puasanya. Selanjutnya itu akan terbiasa," jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: