KPU Pesisir Barat Terima Kunjungan Rutan Kelas IIB Krui

KPU Pesisir Barat Terima Kunjungan Rutan Kelas IIB Krui

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin (11 Desember 2023) menerima kunjungan Rumah Tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Krui, di Kantor KPU setempat. 

Kunjungan itu dalam rangka persiapan terkait  Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di Rutan Kelas IIB Krui, pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Hadir dalam kunjungan itu Kepala Rutan Kelas IIB Krui Fajar Ferdinan, A.Md, IP, S.H, M.H., didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Murtazal, S.H, M.M., beserta staf, yang disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Pesbar Marlini, didampingi anggota KPU Pesbar Marten Efendi, beserta pegawai di Sekretariat KPU setempat.

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan, dengan adanya kunjungan Rutan Kelas IIB Krui itu, pihaknya sangat menyambut baik dan berterima kasih, karena selama ini koordinasi antara KPU Pesbar dengan Rutan Krui sudah bagus dan intens terkait dengan persiapan Pemilu 2024

BACA JUGA:Sopir Damri Lintas Liwa-Kebun Tebu Ungkapkan Kendala Pengoperasian Mobil

Salah satunya mengenai Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Krui yang telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau yang tercatat sebagai pemilih pada Pemilu 2024 mendatang, maupun koordinasi terkait persiapan lainnya.

“Terlebih di Rutan Krui tersebut pada Pemilu 2024 mendatang juga akan ada TPS Khusus, sehingga semua persiapan harus benar-benar maksimal,” katanya.

Sementara itu anggota KPU Pesbar, Marten Efendi, mengatakan bahwa, untuk jumlah WBP yang masuk sebagai pemilih di TPS Khusus Rutan Krui tersebut sebelumnya juga telah masuk DPT dengan jumlah sebanyak 105 pemilih, termasuk tujuh orang pegawai Rutan setempat. 

Secara teknis, untuk persiapan di TPS khusus tersebut tentu pada prinsipnya sama dengan TPS diluar Rutan setempat.

BACA JUGA:Rekrut 6.874 KPPS, KPU Lampung Barat Tetapkan Sejumlah Syarat Ini Bagi Pendaftar

“Mengenai persiapan TPS khusus di Rutan Krui pada Pemilu tersebut tentunya akan terus dikoordinasikan kembali, sehingga semua persiapan terkait dengan Pemilu 2024 tersebut dapat berjalan maksimal,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas IIB Krui Fajar Ferdinan, mengatakan bahwa, dalam kunjungan dan koordinasi dengan KPU Pesbar itu ada beberapa hal yang dibahas yang berkaitan dengan persiapan Pemilu 2024, salah satunya mengenai TPS khusus, data pemilih di Rutan Krui serta terkait dengan persiapan lainnya.

“Karena itu, dalam kegiatan ini Rutan Krui dan KPU Pesbar sepakat untuk terus berkoordinasi dalam rangka mensukseskan Pemilu dan memenuhi hak politik warga binaan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, Rutan Kelas IIB Krui akan terus meningkatkan koordinasi terkait dengan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) bagi warga binaan yang belum terakomodir dalam DPT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: