Warga Berharap Janji Pemkab Lampung Barat Tuntaskan Penanganan Jalan Turgak-Sukaraja Dipenuhi

Warga Berharap Janji Pemkab Lampung Barat Tuntaskan Penanganan Jalan Turgak-Sukaraja Dipenuhi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penanganan kerusakan jalan alternatif yang menjadi akses utama penghubung Pekon Turgak, Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat dengan Pekon Sukaraja, Kecamatan Batu Brak yang sebelumnya pada Musrenbang tingkat kecamatan disampaikan Pemkab Lampung Barat telah menjadi prioritas pada 2024, diharapkan benar-benar dapat terwujud. 

Hal itu disampaikan oleh Ikhwan, salah satu tokoh masyarakat sekaligus mantan Peratin definitif periode 2017-2023. 

Dirinya mengaku menaruh prihatin atas kondisi kerusakan jalan alternatif yang kian hari kian parah, bahkan nyaris putus akibat dampak cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

Ikhwan menuturkan, Pemkab Lampung Barat memang terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah Kecamatan Belalau. 

BACA JUGA:Dianggap Timbulkan Kegaduhan, Tokoh Masyarakat Sesalkan Sikap dan Kebijakan Pj Peratin Buay Nyerupa

Namun menurutnya masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan salah satunya terkait pembangunan jalan penghubung Pekon Turgak dengan Pekon Sukaraja.

“Kami berharap Pemkab Lampung Barat dapat betul-betul menunjukan keseriusannya membangun jalan penghubung dua kecamatan ini. Karena walaupun statusnya jalan alternatif, tapi manfaatnya besar untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia mencontohkan alasan pentingnya jalan alternatif itu dibangun seperti halnya saat hari-hari besar, di tahun lalu berlangsung acara pesta topeng sekura di wilayah Kecamatan Batu Brak yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas, sehingga para pengendara khususnya sepeda motor banyak menggunakan jalur alternatif penghubung Pekon Turgak dengan Pekon Sukaraja.

“Sejauh ini jalan alternatif ini baru bisa dilalui oleh sepeda motor saja, sementara untuk kendaraan roda empat belum memungkinkan karena ada sekitar 50 meter jalan yang kondisinya masih rusak, jadi harapan kami ini bisa menjadi prioritas di tahun 2024 mendatang,” harapnya.

BACA JUGA:3 Puskesmas di Lambar Kembali Menyandang Akreditasi Paripurna

Menanggapi usulan itu, sebelumnya Pj Bupati Lambar Drs. Nukman, M.M memastikan pembangunan jalan jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Belalau dengan Kecamatan Batu Brak itu akan diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

“Tadi kami sudah mendengar usulan terkait peningkatan jalan penghubung Pekon Turgak-Sukaraja, tadi saya sudah koordinasi dengan bappeda dan akan kita tuntaskan di tahun 2024 mendatang karena untuk tahun ini tidak memungkinkan mengingat APBD kita mengalami penurunan drastis,” singkat Nukman. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: