Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Mulai Buka Layanan Perekaman Visa Bio

Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Mulai Buka Layanan Perekaman Visa Bio

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Petugas penyelenggara haji dan umroh (PHU) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat mulai membuka pelayanan perekaman Saudi Visa Biometrik untuk pelaksanaan haji tahun 2024, Rabu 6 Desember tahun 2023.

Pelayanan itu dilakukan dalam rangka mempercepat pelaksanaan haji tahun 2024, para Jemaah Calon Haji (JCH) sudah dapat melakukan perekaman visa bio

Dimana, perekaman visa bio sangat penting dilakukan bagi JCH. 

Kasi PHU Pirdaus Sablie mengatakan bahwa perekaman ini fungsinya ialah mempermudah JCH dalam melaksanakan haji. 

BACA JUGA:Masa Jabatan Pj Sekda Pesisir Barat Hanya Tiga Bulan

Perekaman visa bio langsung terintegrasi dengan kedutaan Arab Saudi, yang mana JCH tidak perlu melakukan perekaman saat berada di Arab. 

“Perekaman biometrik kali ini dipercepat, tentu melihat dari tahun 2023 ini. Apabila tidak cepat dilaksanakan tentu keteteran, apalagi tahun 2023 ini jumlah jemaah yang berangkat haji paling banyak dibanding tahun lalu. Bahkan seluruh pegawai Kankemenag dikerahkan dalam memberikan pelayanan perekaman visa bio,” kata Firdaus. 

Ia juga mengatakan bahwa jumlah JCH tahun 2024 berjumlah 240 orang (sementara) untuk kuota Provinsi Lampung. 

"Ini juga tergantung dari pelunasan jemaah itu sendiri, sedangkan kuota bisa saja bertambah apabila ada kebijakan nantinya. Yang jelas, kuota harus terpenuhi sesuai kebijakan yang ditetapkan," terangnya. 

BACA JUGA:4 Tahanan Narkoba Kabur, Kabid Humas Polda Lampung: Bidpropam Sedang Periksa Para Petugas Tahanan

Menurut Pirdaus, keberangkatan jemaah haji tidak ditentukan dari Kabupaten, melainkan dari Kemenag RI sesuai dengan nomor urut porsi. 

Kuota sendiri ditentukan dari tahun pendaftaran jemaah sejak November 2012 sampai Januari 2013 untuk keberangkatan haji tahun 2024. 

Perlu diketahui juga bahwa pelaksanaan perekaman visa bio dimulai hari ini hingga Selasa tanggal 12 Desember 2023. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: