Lakukan Pengecekan Penerima Bansos El Nino November-Desember di cekbansos.kemensos.go.id

Lakukan Pengecekan Penerima Bansos El Nino November-Desember di cekbansos.kemensos.go.id

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah yang mengumumkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebagai salah satu respon terhadap dampak dari fenomena El Nino.

Program ini menyediakan bantuan finansial untuk keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah total Rp 400 ribu pada bulan November serta Desember tahun 2023, yang memang diperuntukan bagi 18,8 juta KPM.

Selaku menteri keuangan Sri Mulyani mengumumkan bahwa penyaluran dana ini akan dilakukan melalui transfer tunggal.

Dengan jumlah Rp 400.000 yang di transfer untuk dua bulan, dengan eksekusi yang dikelola Kementerian Sosial (Kemensos). Dana dengan toral yang dialokasikan untuk program ini adalah Rp 7,52 triliun.

BACA JUGA:Ingin Mendapat Bansos PIP? Segera Siapkan Syarat-syarat Berikut Ini

"Kita akan mentransfer satu kali yang langsung untuk dua bulan sekaligus Rp 400 ribu bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos,"ujar Sri Mulyani.

Tujuan serta harapan dari program ini

BLT El Nino yang dirancang sebagai dukungan langsung kepada masyarakat yang terdampak oleh El Nino, yang bertujuan untuk meringankan beban keuangan keluarga dan menjaga stabilitas ekonomi.

Pemerintah juga berharap program ini dapat meningkatkan daya beli serta memberikan dukungan finansial langsung kepada jutaan keluarga di Indonesia.

BACA JUGA:Tiga Tahapan Pencairan Bansos PIP, Berikut Ketentuannya

Program BLT El Nino ini merupakan langkah penting yang diambil pemerintah dalam menangani dampak ekonomi dari fenomena El Nino, sembari memastikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat terdampak.

Cara Mengecek Penerimaan BLT El Nino

Guna memastikan status bagi penerima BLT El Nino, masyarakat dapat mengikuti langkah berikut.

_ Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: