Saluran Irigasi Jebol, Berdampak Pada Rumah dan Sawah Warga

Saluran Irigasi Jebol, Berdampak Pada Rumah dan Sawah Warga

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Saluran irigasi di Pekon Laay, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), jebol akibat hujan deras yang terjadi Rabu (22 November 2023) dini hari dan berdampak pada rumah dan areal persawahan masyarakat.

Peratin Pekon Laay, Andri Fahlevi mengatakan, jebolnya saluran irigasi itu berdampak pada sejumlah rumah warga yang tergenang banjir dan areal persawahan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

“Terdapat sejumlah rumah warga yang tergenang banjir dan areal persawahan yang berada di dekat dengan saluran irigasi itu mengalami kerusakan,” kata dia.

Dijelaskannya, kini hujan deras masih berpotensi terjadi di wilayah itu, sehingga ancaman terhadap areal persawahan dan rumah warga masih memungkinkan terjadi.

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Diminta Bertindak Atasi Masalah Sampah di Pasar Bungin

“Sekarang sudah memasuki musim hujan, sehingga potensi bencana alam lebih tinggi dari biasanya, terutama pada sejumlah saluran irigasi di pekon ini, karena berasal dari aliran Way Laay secara langsung,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya berharap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dapat melakukan perbaikan pada saluran irigasi yang jebol tersebut, sehingga tidak berdampak paa rumah-rumah warga.

“Kami harap dinas terkait dapat turun kelapangan untuk melakukan pengecekan dan menyiapkan langkah-langkah untuk penanganan saluran irigasi tersebut,” terangnya.

Menurutnya, jebolnya saluran irigasi tersebut tidak hanya berdampak pada rumah dan sawah warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, tapi pasokan air untuk areal persawahan di pekon lainnya juga akan berdampak.

BACA JUGA:245 Siswa SDN Sinar Luas Belajar di Gedung Tua yang Tidak Tersentuh Pembangunan

“Saluran irigasi itu merupakan salah satu saluran irigasi yang menuju areal persawahan di Pekon Penggawa Lima Tengah dan Pekon Menyancang, sehingga keberadaannya sangat vital bagi areal persawahan masyarakat,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: