Mantap! Pemkab Lampung Barat akan Bangun Gedung Perpustakaan Rp10,183 Miliar

Mantap! Pemkab Lampung Barat akan Bangun Gedung Perpustakaan Rp10,183 Miliar

Kepala Dispersip Syafaruddin, S.Pd, M.Pd.I --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tahun 2024 mendatang akan membangun gedung perpustakaan daerah

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Syafaruddin, S.Pd, M.Pd.I, mengungkapkan, pembangunan gedung perpustakaan daerah tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Reguler Perpustakaan Daerah tahun 2024 sebesar Rp10,183 miliar.

“Kita telah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar di Lampung Barat di bangun gedung perpustakaan daerah dan ternyata usulan kita direspon oleh pemerintah pusat sehingga pada tahun 2024 Kabupaten Lampung Barat akan mendapatkan kucuran DAK Fisik sebesar Rp10.183.774.000,” ungkap Syafaruddin, Selasa (21 November 2023).

Menurut dia, DAK Fisik Bidang Pendidikan Reguler Perpustakaan Daerah sebesar Rp10,183 miliar lebih itu akan dialokasikan untuk pembangunan gedung Rp9,795 miliar lebih dan interior Rp412 juta lebih. 

BACA JUGA:Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Novri Jonestama: Spirit Bersama Menjadikan Pemilu 2024 Berkualitas

“Selain anggaran Rp10,183 miliar itu, juga akan ada anggaran bersumber dari APBD Lampung Barat sebesar Rp100 juta untuk perencanaan dan Rp338 juta untuk pengawasan,” kata dia.

Lanjut dia, gedung perpustakaan daerah tersebut akan dibangun di atas lahan yang saat ini digunakan untuk kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat.  

“Semoga dengan adanya gedung perpustakaan nantinya akan lebih meningkatkan minat baca masyarakat dalam rangka mendukung kabupaten literasi,” pungkas dia.  

Sekadar diketahui, selain memberikan pelayanan perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan mobil perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selama ini juga memanfaatkan kendaraan bentor untuk perpustakaan keliling (Perpusling) guna memberikan pelayanan kepada masyarakat Lampung Barat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: