2024, Target PBB-P2 di Lampung Barat Naik

2024, Target PBB-P2 di Lampung Barat Naik

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pendapatan asli daerah (PAD) bersumber dari pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 mendatang bakal naik.

“Tahun depan target PAD dari pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan akan naik. Jika tahun ini targetnya sebesar Rp4,382 miliar (APBD murni), namun tahun 2024 mendatang akan naik 18,26 persen atau menjadi Rp5,182 miliar,” tegas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Minggu (12 November 2023).

Kata Okmal, naiknya target PBB pada tahun depan tersebut dikarenakan beberapa faktor antara lain yaitu adanya penyesuaian tarif PBB yaitu sebelumnya 3 persen jadi naik 4 persen khusus tanah yang tidak produktif. 

Hal itu sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selain itu, adanya objek pajak baru.

BACA JUGA:Semangati Siswa Belajar, TK-Paud Kartini Puramekar Intensifkan Belajar Outdoor

“Jadi target PBB sebesar Rp5,182 miliar itu akan dibebankan kepada15 kecamatan dan sejumlah perusahaan,” kata dia.

Selama ini, lanjut Okmal, untuk mencapai target PBB-P2 di Lampung Barat, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antara lain gencar menghimbau kecamatan akan melakukan penagihan kepada objek pajak, serta pemerintah daerah telah mempermudah pelayaan kepada masyarakat yang ingin membayar pajak, dimana objek pajak dan apara pekon/kelurahan bisa membayar PBB melalui Bank Lampung Capem Liwa atau melalui agen L-SMART Bank Lampung yang telah tersebar di setiap pekon/kelurahan. 

Selain itu bisa melalui aplikasi LampungOnline, Indomaret dan Tokopedia.

“Jadi untuk pembayaran pajak, masyarakat tidak perlu lagi jauh jauh datang ke kantor BPKD, tapi bisa melalui aplikasi yang telah ditentukan,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: