Pekon Cipta Waras Gelar Rapat Pembahasan APBP Perubahan

Pekon Cipta Waras Gelar Rapat Pembahasan APBP Perubahan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintahan Pekon Cipta Waras, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Perubahan Tahun Anggaran 2023 di aula balai pekon setempat, Rabu (8 November 2023). 

Pada rapat yang di fasilitasi Lembaga Himpun Pekon (LHP) tersebut melibatkan semua unsur pemerintahan pekon dan dipimpin langsung Peratin Sunayah, berjalan lancar. 

Diterangkan Sunayah dalam rapat APBP perubahan tersebut digelar karena dalam pelaksanaan APBP murni ada yang mengalami perubahan. 

Artinya dalam pelaksanaan mengalami perbedaan dari rencana dan target awal.

BACA JUGA:Bagian Administrasi Pembangunan Lampung Barat Gelar Rakor POP Triwulan IV

Diantaranya seperti Bagi Hasil Pajak (BHP) ada selisih sebab yang tertuang dalam APBP awal masih mengikuti pagu tahun sebelumnya, dan untuk yang tahun ini sudah keluar sehingga dilakukan perubahan.

Kemudian terkait selisih Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang mana sesuai dengan kriteria yang ditetapkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) disalurkan 15% dari total maksimal 25% Dana Desa

"10 persen tersisa tersebut dimusyawarahkan untuk dimanfaatkan terhadap skala prioritas kegiatan apa yang sesuai dengan tujuan dari dana itu sendiri," terangnya. 

Kemudian juga dibahas terkait penerimaan dana tunjangan kinerja penanggulangan El Nino yang baru diperoleh beberapa waktu lalu sebesar Rp 139 juta.

BACA JUGA:Ungkapkan Rasa Empati untuk Palestina, SDIT Daarul Qudwah Gelar Aksi Solidaritas

Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pembuatan sumur bor 2 titik di tempat pelayanan umum dan di pemukiman padat penduduk yang selama musim kemarau mengalami kesulitan air bersih.

Dengan dilakukannya rapat pembahasan APBP Perubahan tersebut pihaknya berharap kegiatan yang sebelumnya tidak tercover dapat direalisasikan mengingat apa yang telah tertuang dalam APBP murni semuanya merupakan skala prioritas yang penting baik untuk keberlangsungan pemerintahan pekon maupun masyarakat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: