Pj Bupati Lampung Barat Kukuhkan Dewan Kesenian Periode 2022-2027

Pj Bupati Lampung Barat Kukuhkan Dewan Kesenian Periode 2022-2027

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM mengukuhkan Ketua Dewan Kesenian periode 2022-2027 Drs. Mad Hasnurin beserta pengurus dan anggota Dewan Kesenian.

Pengukuhan Dewan Kesenian Kabupaten Lampung Barat dikemas dengan perhelatan Pesagi Culture Festival dengan unjuk kebolehan berbagai seni budaya tradisional yang berada di Lampung Barat. 

Kegiatan yang berlangsung di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit, Minggu malam (5 November 2023), rangkaian diawali dengan pertunjukan seni budaya tradisional Lampung Barat dari Gamelan Pering, Nyambai, Singa Depok, Hadra hingga Pepancor yang dipersembahkan oleh para penggiat seni serta dilanjutkan dengan pengukuhan Dewan Kesenian. 

Turut disaksikan perwakilan Direktorat Pembinaan Tenaga dan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia (RI) Dewa Ayu Oka, Pamong Budaya Ahli Madya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Bengkulu Lampung Rois Leonar Arios, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi, Asisten III Bidang Administrasi Umum  Ismet Inoni, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan masyarakat. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Lampung Reses Di SMA MA Ma’arif Lamteng

Dalam sambutannya, Pj Bupati Nukman berharap Dewan Kesenian yang telah dikukuhkan dapat menjalin sinergitas terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat khususnya terkait pengembangan seni budaya.

"Saya berharap kepada Dewan Kesenian yang baru dikukuhkan kedepannya dapat menjalin sinergitas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk terus menggali dan mengembangkan seni budaya tradisional yang ada di Lampung Barat," tegas Nukman.

Sebab menurut Nukman, Kabupaten Lampung Barat kaya akan seni budaya, namun kekayaan tersebut sempat tenggelam seiring dengan berkembangnya zaman modern. 

"Di zaman saya masih bujang saya ingat sekali, Lampung Barat ini memiliki banyak sekali seni budaya terutama pada saat perhelatan pernikahan, mulai dari memarut kelapa yang dilakukan para bujang gadis, hadra hingga nyambai bahkan masih banyak lagi yang lainnya. Namun dengan berkembangnya zaman kearifan seni budaya tersebut mulai tenggelam," kata dia.

BACA JUGA:Bapenda Pesisir Barat Maksimalkan Pendapatan Pajak Hotel dan Restoran

"Alhamdulillah di masa kepemimpinan bapak Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin seni budaya yang berada di Lampung Barat mulai digali dan dikembangkan kembali bahkan masuk dalam program unggulan mereka," sambungnya.

Oleh karena itu, ia mengajak Dewan Kesenian untuk bekerjasama dalam melaksanakan program kerja yang telah dibuat.

"Melestarikan seni budaya di Lampung Barat merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu kita harus saling bahu membahu agar seni budaya di Lampung Barat dapat terjaga," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin berkomitmen akan menjalin sinergitas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam menjaga seni budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: