Dengan Hobi Lamanya Kades di Serang Habiskan Dana Desa Untuk Sawer Biduan

Dengan Hobi Lamanya Kades di Serang Habiskan Dana Desa Untuk Sawer Biduan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebaliknya dari dana desa yang seharusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat luas dan pembangunan desa, dana desa di Desa Lontar, Kabupaten Serang, Banten, yang sebelumnya dikelola oleh mantan kepala desa bernama Aklani, telah disalahgunakan untuk keperluan pribadi yaitu menyawer biduan.

Dilansir dari radarjabar.disway.id, audit dari Inspektorat Kabupaten Serang mengungkap bahwa Aklani telah menyuntikkan dana desa sebesar Rp 925 juta untuk hiburan pribadinya. 

Dia mengaku telah menghabiskan uang tersebut dengan bersenang-senang di tempat karaoke LC, memberi tips, dan lainnya.

Aktivitas karaoke ini adalah hobinya sejak lama, bahkan sebelum menjadi kepala desa.

BACA JUGA:Cara Praktis Membuat Makanan Kucing yang Sehat dan Bergizi di Rumah

Akibat perbuatan Aklani ini, beberapa proyek pembangunan penting, seperti pengaspalan jalan, pelatihan untuk lapangan kerja, dan kesiapan kesehatan untuk penanganan COVID-19, tidak dapat diselesaikan. 

Anggaran sebesar Rp 50 juta yang dialokasikan untuk penanganan COVID-19 juga tidak digunakan sesuai peruntukannya, meskipun Aklani membantahnya.

Alasan Aklani memilih karaoke sebagai pengeluaran dana desa adalah karena menurutnya, itu memberikan hiburan dan relaksasi setelah bekerja keras sepanjang hari.

Dana desa yang disalahgunakan oleh Aklani adalah Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019, yang seharusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat luas dan pembangunan desa.

BACA JUGA:iPhone 16 Pro Max akan Tampil Lebih Canggih, Simak Apa Perubahannya

Meskipun Aklani mengklaim telah mendistribusikan paket bantuan selama pandemi COVID-19, tindakannya ini mengancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Hal itu sesuai dengan UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.*

 

Artikel ini telah tayang di radarjabar.disway.id dengan judul: Kepala Desa Lontar Banten Korupsi Dana APBD Rp925 Juta untuk Hiburan dan Nyawer LC Karaoke 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: